Ingin Ganti Kabel? Ini Harga Kabel Speedometer Variasi Honda BeAT

Kabel Speedometer Variasi - www.tokopedia.comKabel Speedometer Variasi - www.tokopedia.com

Speedometer termasuk pengukur kecepatan yang penting pada sebuah kendaraan, entah itu mobil maupun sepeda . Beberapa keluaran terbaru kini sudah banyak yang mengadaptasi speedometer digital, meski motor-motor keluaran lawas seperti Honda BeAT atau Vario yang masih bertenaga karburator biasanya bertahan dengan speedometer analog (menggunakan jarum). Masalah paling umum yang dialami oleh speedometer analog biasanya adalah yang putus atau jarum penunjuk angka yang bergerak kurang akurat. kabel speedometer BeAT sendiri umumnya tak terlalu mahal.

Jika masalah yang dihadapi adalah kabel speedo putus, maka solusi satu-satunya adalah dengan mengganti kabel speedometer dengan yang baru. Adapun harga kabel speedometer BeAT original Honda sendiri cukup murah, berkisar Rp30 ribuan saja. Kabel satu ini bisa digunakan untuk beberapa skuter matic Honda seperti BeAT, BeAT FI, Spacy, dan Scoopy eSP.

Seperti diketahui, kabel speedometer BeAT ori Honda biasanya berukuran panjang dan mengusung hitam yang oleh sebagian pengendara mungkin dianggap terlalu monoton. Tak heran jika kemudian muncul kabel speedometer BeAT yang warnanya lebih mencolok seperti oranye, merah, hijau, hingga kuning stabilo. Harga kabel speedometer BeAT ini berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp45 ribu di .

Selain permasalahan pada kabel, kondisi jarum speedometer yang kurang stabil ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Kasus jarum speedometer tidak stabil umumnya terjadi pada motor yang masih memakai kabel untuk penggerak speedometernya, dan belum memakai speed sensor seperti halnya motor-motor terbaru.

“Bisa dari kabel atau area gearbox di roda depan yang mulai bermasalah. Gearbox yang sudah aus atau kabel speedometer yang banyak kotorannya jadi jarum menjadi tidak stabil. Efeknya, putaran kabel menjadi terhambat dan membuat jarum speedometer naik turun tidak beraturan,” kata Fachrul Service Advisor AHASS Cibitung, Bekasi, seperti dilansir GridOto.

Fachrul menjelaskan, untuk memperbaiki hal tersebut bisa langsung dengan membuka area gearbox speedometer. “Cek di area gearbox dan kabel speedometernya pastikan kotoran-kotorannya dibersihkan. Bisa pakai bensin lalu lumasi dengan grease supaya speedometer bisa kembali normal,” tandasnya.

Loading...