Harga Jutaan Rupiah, Kolam Fiber Ukuran Besar Cocok untuk Sistem Bioflok

harga Kolam Fiber Ukuran Besar Cocok untuk Sistem Bioflok

Selain di tambak, kolam fiber juga bisa menjadi yang menarik bagi mereka yang ingin melakukan atau ternak , terutama jika tidak memiliki lahan yang begitu luas. Di pasaran sendiri, sudah banyak pedagang yang menjual kolam fiber untuk beternak dengan kisaran harga jutaan untuk dengan besar.

Seperti namanya, kolam atau bak fiber adalah kolam yang terbuat dari fiberglass. Kolam ini memiliki kelebihan dibandingkan kolam terpal, yaitu bobot total yang tidak begitu berat sehingga kolam ini mudah dipindahkan ke mana saja, serta memiliki ketahanan tinggi terhadap panas matahari sehingga tidak mudah retak dan pecah.

Kolam fiber pun menjadi media yang pas bagi mereka yang ingin beternak ikan dengan atau metode bioflok yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah. Budidaya bioflok sendiri memang memiliki keunggulan, di antaranya bersifat intensif dan dapat dilakukan di pekarangan rumah. Jadi, ini tidak memerlukan kolam yang luas, tetapi cukup dengan kolam fiber atau terpal dengan bentuk bulat dan memiliki diameter 2,5 meter dan tinggi satu meter.

“Sistem yang tidak membutuhkan lahan yang luas ini mampu menghasilkan panen ikan yang optimal,” jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok Farah Mulyati. “Karena itu, banyak yang kabupaten atau kota lain yang mengunjungi daerah kami untuk belajar langsung mengenai sistem ini.”

Di samping teknik bioflok, kolam fiber juga cocok digunakan untuk budidaya ikan sekaligus bertanam yang disebut dengan AKANGTAPE. Teknologi yang ditawarkan adalah melakukan budidaya ikan bandeng di kolam fiber, yang di atasnya terdapat tanaman hidroponik, dalam hal ini tanaman bayam. Pada saat dibudidayakan, ikan dan tanaman bayam dapat dengan baik dan bisa dipanen bersamaan.

Jika Anda ingin membeli kolam fiber untuk beternak ikan, Anda bisa membelinya di berbagai toko perlengkapan maupun situs jual beli online. Kolam fiber bentuk oval ukuran besar dengan dimensi 250 x 150 x 70 cm dan kapasitas 2.170 liter misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp6,5 jutaan. Sementara, kolam fiber besar ukuran 200 x 100 x 100 cm dan kapasitas 2.000 liter sekarang Rp3,2 jutaan.

Loading...