Harga Jual Belasan Juta Rupiah, ATG Bantu Monitor Stok BBM di SPBU

Harga ATG (Automatic Tank Gauge)

ATG (Automatic Tank Gauge) merupakan suatu yang berguna untuk mengetahui bakar () secara real time dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Alat yang memiliki jual sekitar Rp12 juta sampai Rp17 jutaan tersebut akan memudahkan pihak SPBU dalam pengelolaan dan pengawasan karena penerimaan hingga penggunaan stok BBM dapat dimonitor secara real time.

“Dengan adanya alat ATG ini, kami bisa mendapatkan bukti konkrit yang nyata terkait losses atau ‘kehilangan’ BBM”, ujar William Widyanata, Direktur PT Benzine (pengelola SPBU self service). “Kami telah mengelola 18 SPBU yang sudah dilengkapi dengan ATG . Dengan alat itu, kami bisa mengurangi losses yang tadinya di atas 0,4 persen menjadi di bawah 0,2 persen.”

Losses sendiri bisa dikatakan sebagai kerugian yang dialami pengelola SPBU karena berkurangnya jumlah bahan bakar minyak dari yang seharusnya karena menguap atau karena ulah nakal oknum SPBU serta pembeli. Kerugian juga bisa disebabkan dari berkurangnya nilai penerimaan kas SPBU dari pembayaran tunai .

Nah, alat bernama ATG diklaim bisa mengetahui stok BBM setiap saat secara akurat dengan tingkat ketelitian sampai 1 liter (0,1 mm). Di samping itu, alat ini juga dapat mengetahui volume BBM dari mobil tangki, mengetahui suhu dan mendeteksi adanya kandungan air di dalam minyak, mampu menangani sampai dengan 16 tangki, serta dapat mencegah BBM habis atau overfill (mendeteksi stok minimum dan maksimum).

“Dengan menggunakan alat ini, memudahkan pengawasan dan pengelolaan SPBU karena laporan stok dan penerimaan BBM dari mobil tangki dapat diakses lewat SMS ponsel secara real time,” tulis PT Phase Delta Control. “Di samping itu, juga mencegah risiko pencurian BBM, baik di dalam tangki pendam atau penerimaan BBM dari mobil tangki.”

Saat ini, untuk mendapatkan alat ATG juga tidak terlalu sulit. Pasalnya, sudah banyak perusahaan dan pedagang yang menawarkan alat canggih tersebut, baik secara offline maupun online. ATG Probe Windbell SP300 misalnya, sekarang dilepas dengan harga Rp12.000.000. Sementara, model lainnya ada yang ditawarkan dengan harga Rp15 juta sampai Rp17 jutaan.

Loading...