Jadi Unggulan Ekspor, Berapa Harga Ikan Tuna Loin?

ilustrasi : Ikan Tunailustrasi : Ikan Tuna - farmbos.com

JAKARTA/KUPANG – Anda mungkin sudah mendengar tentang tuna loin. Ini adalah salah satu olahan hasil perikanan dengan bahan baku ikan tuna segar, yang biasanya mengalami perlakuan seperti pemotongan kepala, sirip dan ekor, pencucian, hingga pembekuan. Menjadi penting , ikan tuna loin di berkisar Rp100 ribuan per kg.

Dibandingkan dengan fillet tuna, harga ikan tuna loin memang sedikit lebih mahal. Di beberapa supermarket dalam negeri, 1 kg ikan tuna loin sekarang ditawarkan dengan harga Rp100 ribu hingga Rp130 ribuan. Sementara itu, fillet ikan tuna saat ini dipasarkan dengan harga Rp75 ribu per kg, atau mulai Rp45 ribuan per 500 gram.

Seperti disampaikan di atas, ikan tuna loin sudah menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan di banyak daerah, seperti di Nusa Tenggara Timur. Ikan tuna loin dari provinsi tersebut terutama dikirim ke Brunei Darussalam. Sepanjang tahun 2017 kemarin, jumlah ekspor ikan tuna loin NTT ke tetangga tersebut mencapai 12.765 kg dengan total nilai sebesar 84.420 AS. Sementara, pada tiga bulan pertama 2018, jumlah ekspor sudah mencapai 1.200 kg.

“Jumlah tuna loin ini selalu dinamis sesuai dengan kebutuhan negara pembeli. Namun, tuna loin memang menjadi satu-satunya komoditas perikanan NNT yang sejauh ini diminati Brunei Darussalam,” jelas Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kupang, Jimmy Yonathan Elwaren. “Meskipun begitu, Brunei bukanlah satu-satunya negara tujuan.”

Jepang juga menjadi negara yang mengimpor tuna loin dari NTT dalam jumlah yang cukup signifikan. Sepanjang Januari hingga Juni 2018, Negeri Sakura sudah mengimpor sebanyak 115,3 ton produk ikan kering dari NTT, 200 kg di antaranya dikirim pada Juni 2018, sedangkan Malaysia sudah mendatangkan 220 kg tuna loin.

“Komoditas tuna loin dan ikan cakalang merupakan produk unggulan ekspor dari NTT yang selalu masuk dalam top lima komoditas ekspor setiap bulan,” sambung Jimmy. “Terutama yang masih menjadi primadona ekspor dari daerah ini yaitu ikan cakalang dengan nilai ekspor yang relatif cukup besar setiap bulannya.”

Loading...