Tak Semudah Mencari Whipped Cream, Berapa Harga Heavy Cream Anchor?

Harga Heavy Cream - www.bonappetit.comHarga Heavy Cream - www.bonappetit.com

Dalam pembuatan atau cake tertentu, biasanya dibutuhkan yang memang agak sulit ditemukan di seperti heavy cream atau whipped cream. Berbeda dari whipped cream yang tersedia dalam wujud bubuk, cair, dan yang sudah kental, heavy cream umumnya dijual dalam UHT yang masih cair. Secara kasat mata, teksturnya hampir mirip seperti santan kental. Tetapi, jika sudah dikocok maka teksturnya mirip whipping cream. Salah satu whipped dan heavy cream yang populer adalah Anchor. Lantas, berapa produk tersebut?

Harga produk whipped cream Anchor kemasan 250ml dijual mulai dari Rp42.500 per buah, sedangkan Anchor Whipping Cream 1 liter harganya berkisar antara Rp68.500 sampai Rp78 ribuan. Di situs resminya sendiri Anchor sebenarnya memiliki produk Anchor Chef’s Heavy Cream. Sayangnya, di produk heavy cream Anchor masih sulit untuk ditemukan. Namun demikian, banyak yang menyebutkan bahwa whipped cream Anchor juga bisa digunakan sebagai pengganti heavy cream meskipun teksturnya lebih ringan.

Pada dasarnya, heavy cream dan whipped cream sama-sama dairy product. Ketika sudah dikocok pun keduanya memiliki yang hampir tak ada bedanya, sama-sama berwarna putih, teksturnya lembut, dan juga kaku. Perbedaan mendasar adalah dari segi tekstur. Whipped cream mempunyai tekstur lebih lembut dan tebal, sedangkan hasil kocokan heavy cream cenderung lebih padat dan bentuknya lebih tahan lama.

Perbedaan lainnya adalah dari segi kandungan lemak di dalamnya. Whipped cream hanya memiliki kandungan lemak sekitar 30-36%, sedangkan heavy cream kandungan lemak susunya antara 36-40%. Karena lebih sulit ditemukan di pasaran Indonesia, tak heran jika kemudian heavy cream dijual dengan harga lebih mahal dibanding whipped cream.

Penyimpanan whipped cream pun tak boleh sembarangan. Setelah bahan selesai digunakan, rupanya whipping cream tidak boleh disimpan dalam lemari es atau dibekukan. “Cream cheese, whipping cream tidak boleh dibekukan. Proteinnya pecah, hasil kuenya tidak akan halus. Seperti santan kalau pecah,” kata Chef Yus Andriana, seperti dilansir Republika.

Chef Yus menjelaskan, cream cheese dan whipping cream sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan, sekitar 27 derajat celsius. Sedangkan bahan yang boleh dibekukan, misalnya mozzarella dan butter. “Yang boleh dibekukan hanya mozzarella dan butter. Yang lain simpan di chiller atau di luar lemari es (suhu ruangan dengan suhu 27 derajat celsius),” bebernya.

Loading...