Rasanya Khas, Harga Gula Batu per Kg Dibanderol Mulai Rp18 Ribuan

Harga Gula Batu - chrisgalvinwriter.wordpress.comHarga Gula Batu - chrisgalvinwriter.wordpress.com

gula yang biasa dikonsumsi oleh sangat beragam, mulai dari gula pasir, gula aren, gula merah, hingga gula batu. Dibandingkan gula pasir biasa, gula batu disebut-sebut lebih nikmat jika dicampurkan dengan seperti teh hangat atau sebagainya. gula batu per kg pun relatif lebih mahal dibandingkan gula pasir biasa.

Padahal sebenarnya gula batu sama seperti gula pasir. Bedanya, gula batu dibuat dengan melalui proses pengkristalan dari air yang dipanaskan hingga mencapai jenuh dan dingin. Itulah yang mengakibatkan gula batu mempunyai rasa yang khas dan agak berbeda dari gula pasir. Rasa gula batu tidak terlalu manis, tetapi lebih legit saat larut dalam segelas teh hangat.

Adapun harga gula batu per 1 kilogram (kg) biasanya dijual pada kisaran Rp18 ribuan hingga Rp25 ribuan. Nah, di antaranya banyaknya jenis gula di , ternyata menurut Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Jaya, Dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD gula yang dapat langsung diserap tubuh adalah jenis gula yang tergolong monosakarida. “Monosakarida yang berisi gula pasir, gula aren, gula batu, gula merah itu monosakarida,” kata Dr. Em Yunir, seperti dilansir Suara.

Dr. Em Yunir menjelaskan, kemampuan monosakarida untuk langsung diserap tubuh yang mengakibatkan gula jenis ini cukup ampuh untuk langsung mengembalikan energi tubuh. Pasalnya, efeknya dapat bekerja secara cepat hanya dalam waktu 2 menit. Oleh sebab itu, seseorang yang melakukan atau hiking umumnya disarankan untuk membawa jenis gula satu ini.

Berbeda lagi dengan buah-buahan yang mengandung rasa manis alami. Pada sumber seperti buah, jenis gulanya adalah disakarida, yaitu dua molekul monosakarida yang diikat. Lantaran karakternya terikat, maka gula jenis disakarida tak dapat langsung diolah tubuh, melainkan harus diolah dulu menjadi monosakarida.

“Jadi disakarida tidak akan diserap, kalau sudah masuk ke dalam usus, usus ada enzim memecah disakarida menjadi mono. Begitu dipecah baru diserap, proses pemecahannya butuh waktu. Makin panjang ikatan kalau kita bilang, disakarida itu di- artinya dua. Jadi monosakarida satu, sama mono diikat jadi disakarida,” ungkapnya.

Sedangkan proses pemecahan gula yang lebih panjang lagi, yakni polisakarida biasanya ada di makanan seperti nasi, tepung, mie, dan sagu. “Poli itu banyak, mono-mononya banyak. Bisa tergantung jenis makanannya bisa sampai puluhan ratusan, tergantung kompleksnya makanan, tepung-tepungan atau nabati,” bebernya.

Loading...