Kerap Dipakai untuk Membuat Kue, Harga Glukosa Cair Mulai Rp10 Ribuan

Glukosa CairIlustrasi : Glukosa Cair - goldensandcorp.com.vn

Jenis pemanis yang digunakan dalam dunia atau -memasak ada beragam, salah satunya adalah glukosa . Glukosa memiliki beberapa nama lain, yakni sirup glukosa atau liquid glucose. Dibanding gula pasir biasa, rasa glukosa ini biasanya masih kurang . Namun harga glukosa di pasaran lebih mahal dari gula pasir.

“Sirop Glucose atau glucose cair merupakan salah satu yang terbuat dari gula. Warnanya bening, dan kental, mirip sirop gula kental. Glucose dipakai dalam pembuatan cokelat, es krim, permen dan dessert lainnya agar gula mudah beremulsi dengan bahan lainnya. Karena bentuknya cair dan mudah larut maka adonan yang diberi glucose akan tetap licin, tidak berkristal,” demikian seperti dilansir Detik.

Glukosa cair bisa berasal dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, misalnya dari makanan-makanan yang tinggi glukosa seperti anggur, aprikot, cranberry, nangka, atau pisang raja. Ada juga sirup glukosa yang berasal dari jagung atau gandum. Glukosa cair banyak digunakan untuk kue, permen, selai, dan es krim. Beberapa industri farmasi pun menggunakan glukosa cair untuk memproduksi obat batuk cair.

Pemanis buatan jenis ini juga bermanfaat untuk meningkatkan tekstur dan volume pada makanan. Sirup glukosa terkenal bisa menambah kilau pada macaroon atau icing kue. Sayangnya, pemanis jenis ini kurang begitu manis, oleh sebab itu penggunaannya terkadang tetap didampingi dengan gula.

Di pasaran biasanya glukosa cair dalam kemasan botol atau loose pack (curah). Sebagai contoh, glukosa cair kemasan 200 gram dengan harga Rp10 ribu, lalu liquid glucose brix 85% 5 kg harganya Rp170 ribu per pail, glukosa cair 400 gram brix 82% harganya Rp26 ribu, dan glucose syrup Selma 1 pail 5 kg repack harganya Rp175 ribu.

Glukosa cair bisa ditemukan di -toko bahan kue atau pusat-pusat perbelanjaan besar terdekat. Namun harga glukosa cair dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu dan harga yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Loading...