Cocok untuk Rumah Tangga, Berapa Harga Gas Elpiji 12 Kg Hari Ini?

Harga Gas Elpiji 12 Kg - www.kompasiana.comHarga Gas Elpiji 12 Kg - www.kompasiana.com

Pertamina memiliki beberapa gas LPG, mulai dari elpiji bersubsidi 3 kg, 12 kg, hingga yang non subsidi seperti Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg, serta Bright Gas kaleng 220 gram. Adapun harga gas elpiji 12 kg di setiap tempat kemungkinan berbeda-beda. Sebagai , harga isi ulang (refill) gas elpiji 12 kg hari ini di Indomaret dipatok Rp146 ribu.

Selain melayani secara tunai (cash), agen dan pangkalan elpiji kini semakin menggalakkan pembayaran tunai (cashless). tersebut dinilai lebih bermanfaat bagi lantaran meningkatkan keandalan stok LPG sampai ke tingkat pangkalan.

“Cashless payment system LPG adalah sistem untuk pangkalan melakukan pemesanan maupun pembayaran elpiji kepada agen secara non tunai. Lewat sistem ini, kehandalan stok elpiji di pangkalan meningkat,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR I Roby Hervindo bulan Agustus 2019 lalu.

Roby menjelaskan, keandalan stok elpiji di pangkalan mengalami peningkatan berkat verifikasi jumlah tabung elpiji yang dibeli sesuai dengan harga tabung yang dibayarkan. Dengan demikian, konsumen dipastikan membeli LPG 3 kg di pangkalan resmi Pertamina sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Keuntungan lain yang ditawarkan adalah agen LPG bisa melakukan pencatatan transaksi secara real time dan supaya lebih akurat. Di samping itu, dengan adanya sistem pembayaran non tunai pun diyakini bisa semakin meningkatkan segi . Pasalnya, pihak pangkalan tak perlu lagi mengumpulkan uang tunai untuk melakukan pembayaran.

Sampai saat ini kabarnya sudah ada 86 agen dari total 96 agen elpiji di Sumatera Barat yang telah menerapkan sistem transaksi non tunai. Sedangkan dari total 2.903 pangkalan, lebih dari 2.200 pangkalan sudah menerapkan sistem tersebut. “Kami optimis pada akhir tahun 2019 penerapan cashless payment system mencapai 100 persen,” beber Roby.

Dalam setiap bank tersebut sudah terhubung dengan host to host dengan Sistem Monitoring Penyaluran LPG 3kg (Simol3k) Pertamina. Integrasi sistem tersebut juga memudahkan Pertamina untuk memonitoring penyaluran elpiji 3 kg yang disalurkan pada agen dan juga pangkalan.

Loading...