Alternatif Pakan Ternak Ekonomis & Kaya Nutrisi, Berapa Harga Fodder Jagung?

Harga Fodder Jagung - homesweetplant.blogspot.comHarga Fodder Jagung - homesweetplant.blogspot.com

Jagung pada dasarnya merupakan yang bernutrisi untuk ternak. Namun, jagung per kilogram saat dipanen cukup mahal. Sementara itu, untuk kebutuhan ternak setidaknya harus bersifat ekonomis tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk ternak. Oleh sebab itu, penggunaan fodder jagung kini mulai banyak dilirik sebagai alternatif yang bernutrisi.

Fodder jagung sendiri merupakan jagung yang ditumbuhkan dari biji jagung dengan hidroponik. Karena metodenya hidroponik, maka penumbuhan jagung tersebut hanya memakai air tanpa tanah. Meski demikian, membuat fodder jagung tetap membutuhkan pupuk atau vitamin tanaman dalam bentuk cair supaya pertumbuhan fodder jagung maksimal.

Fodder jagung banyak dipakai sebagai alternatif baru bagi peternak kambing di daerah perkotaan lantaran penanaman fodder jagung tidak membutuhkan yang luas, bisa disusun hanya dalam rak-rak. ini pun dinilai cocok untuk peternak yang lahan hijaunya minim.

Menurut salah seorang peternak bernama Suryono, fodder jagung merupakan membenihkan buliran jagung dan sudah dapat dipanen ketika umur 7 hari. Pakan ini sangat bergizi karena kandungan nutrisinya tinggi. “ pembuatannya pun sangat sederhana. Sehingga waktu peternak tidak tersita banyak,” kata Suryono, seperti dilansir Medanbisnisdaily.

Cara pembuatan atau penanaman fodder jagung pun cukup mudah. Peternak tinggal menyiapkan media tampung berupa baki atau nampan atau wadah yang agak besar dan datar. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pakan hewan ternak. Biji jagung yang telah disiapkan sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian berikan larutan klorin secukupnya untuk proses sterilisasi supaya jagung bersih dari patogen. Lalu rendam dalam air biasa selama 12 jam.

Biji jagung yang telah direndam kemudian disemai dalam nampan dan disiram tiap 3 jam sekali. Penyiraman dalam sehari dilakukan minimal 4 kali, yaitu 1 kali pada pagi hari, siang 2 kali, dan sore 1 kali. “Sangat menghemat tenaga manusia tentunya,” kata Suryono.

Adapun untuk 1 kg biji jagung dapat menghasilkan 6-8 kg rumput fodder. Hal ini menurutnya sangat hemat. Sebagai perbandingan, harga rumput hijau per 1 gulungan kini Rp30 ribu. Sedangkan 1 kg jagung misalnya dibanderol seharga Rp3.000, bisa menghasilkan sekitar 7 kg fodder jagung. Maka pakan bernutrisi ini harganya cuma sekitar Rp600 per kg.

Loading...