Data Penjualan Ritel AS Positif, Harga Emas Turun 3 Pekan Berturut-Turut

Emas - duta.coEmas - duta.co

Jakarta – Hari Jumat (13/9) atau Sabtu pagi WIB, terpantau turun. Turunnya emas ini sekaligus menandai penurunan selama 3 pekan berturut-turut akibat ritel Amerika Serikat yang dan meningkatnya harapan terkait kemungkinan redanya konflik perdagangan antara Amerika Serikat dengan China.

Pada hari ini, Sabtu (14/9), harga emas di spot dilaporkan turun sebesar 0,63 persen menjadi USD 1.489,26 per ounce dan telah mengalami penurunan sebesar 0,7 persen pada minggu ini. Sementara itu, harga emas berjangka AS turun 0,7 persen jadi USD 1.496,7 per ounce.

“Dengan data yang lebih baik dari perkiraan meningkat dengan kenaikan pasar ekuitas , kami melihat emas jatuh dari tertinggi sebelumnya. Optimisme tentang perdagangan telah mendorong bangkitnya ekuitas dan berkurangnya kebutuhan akan komoditas safe-haven seperti emas,” ujar David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

“Tema yang mendasari pelonggaran global terus menjadi pendukung untuk harga emas di satu sisi dan Anda memiliki beberapa tekanan yang datang dari ekuitas global dan prospek perdagangan yang lebih baik,” sambung Meger. Adapun imbal hasil AS mengalami kenaikan di seluruh papan usai data menunjukkan penjualan ritel AS naik pada bulan Agustus 2019 lalu. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa risiko resesi di AS terus berkurang.

Saham global pun dilaporkan mengalami kenaikan level tertinggi 6 pekan di tengah tanda-tanda lebih lanjut dari kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS dan China serta Bank Sentral Eropa atau ECB telah menambah sentimennya. saat ini masih menanti hasil pertemuan Federal Reserve pada pekan depan. Dalam pertemuan tersebut diprediksi bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (14/9), turun sebesar Rp8.000 menjadi Rp745 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback juga turun Rp8.000 jadi Rp668 ribu per gram. Sementara itu, di Pegadaian harga emas batang cetakan Antam berada di angka Rp793 ribu per gram dan cetakan UBS Rp747 ribu per gram.

Loading...