Langkah Dovish The Fed Bikin Harga Emas Hari Ini Melonjak

Harga emas - okezone.comHarga emas - okezone.com

Jakarta mengalami kenaikan sebesar 2 persen dalam Jumat atau Sabtu WIB. Naiknya harga ini dipicu oleh anggapan yang menilai bahwa pidato Gubernur Jerome Powell condong ke arah kebijakan moneter yang lebih dovish. Kenaikan harga ini juga disebabkan pernyataan terakhir Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang dianggap membuat konflik dagang dengan China semakin memburuk.

Adapun harga emas di spot terpantau naik 2 persen ke level USD1.528,53 per ounce setelah sebelumnya naik jadi USD1.528,50, level tertinggi sejak 13 Agustus 2019, usai menginjak level tertinggi dalam 6 tahun belakangan di posisi USD1.534,31, demikian seperti dilansir CNBC melalui Liputan6. Sedangkan harga emas berjangka AS pun dilaporkan naik 2 persen jadi USD1.538,6.

“Fakta bahwa dia (Powell) mengatakan bahwa mereka () akan bertindak tepat untuk mempertahankan ekspansi cukup bullish untuk emas. Dua alat utama yang mereka miliki adalah pelonggaran kuantitatif (QE) atau tingkat yang lebih rendah. Kedua alat itu akan menyebabkan harga emas naik lebih tinggi. Langkah pagi ini adalah lebih banyak orang membeli emas hanya dengan harapan bahwa akan lebih rendah pada akhir tahun,” ujar Bob Haberkorn, Ahli Strategi Pasar Senior di RJO Futures.

Dalam pidatonya, Powell menuturkan bahwa AS ada di posisi yang menguntungkan. Akan tetapi, ia juga memberi sejumlah sinyal terkait pemangkasan suku bunga acuan The Fed pada pertemuan selanjutnya. Powell juga menerangkan sejumlah risiko dan geopolitik yang sedang dipantau oleh The Fed, terutama berkaitan dengan perang dagang.

“Kita seharusnya tidak terkejut jika kita melihat Fed memberikan persentase penuh poin dalam penurunan suku bunga selama 12 bulan ke depan dan QE baru karena kita mungkin hanya perlu beberapa peristiwa makro berikut untuk meledak: ketidakpastian perdagangan, kelemahan di Cina dan Jerman, Brexit, Hong Kong, dan pembubaran pemerintah Italia,” papar Edward Moya, Analis Pasar Senior di OANDA.

Tak jauh berbeda, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk di dalam negeri juga naik Rp14 ribu menjadi Rp765 ribu per 1 gram pada hari ini, Sabtu (24/8). Sementara itu, harga buyback atau pembelian kembali juga naik Rp13 ribu jadi Rp692 ribu per gram. Di Pegadaian emas cetakan Antam dijual seharga Rp777 ribu per gram dan cetakan UBS harganya Rp764 ribu per gram.

Loading...