Permintaan Safe Haven Berkurang, Harga Emas Anjlok

Harga Emas - news.sky.comHarga Emas - news.sky.com

Jakarta mengalami penurunan lebih dari 2 persen pada Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran ekspektasi untuk pemulihan kondisi ekonomi memperoleh dorongan dari non-farm payrolls AS yang lebih baik dari perkiraan, sehingga mengurangi permintaan untuk safe haven.

Adapun harga emas di spot mengalami penurunan sebesar 1,9 persen jadi USD1.678,81 per ounce. Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat melemah 2,6 persen ke level USD1.683. sudah mengalami penurunan sekitar 2,6 persen sepekan ini dan berada di jalur penurunan terbesar sejak pekan yang berakhir pada tanggal 13 Maret 2020.

“Kami memiliki angka pekerja AS yang secara signifikan lebih kuat dari perkiraan – kenaikan 2,5 juta versus ekspektasi penurunan 7,5 juta – bahwa ayunan 10 juta telah memajukan harapan pemulihan ekonomi di Amerika Serikat. Emas juga tertekan oleh imbal hasil yang lebih kuat dan yang sedikit menguat, yang berarti peluang untuk menyimpan emas dalam portofolio telah naik,” ujar Bart Melek, kepala strategi di TD Securities, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Wall Street mengalami kenaikan setelah penurunan drastis dalam pengangguran jadi 13,3 persen pada Mei 2020 dari sebelumnya sebesar 14,7 persen pada April karena meredanya angka PHK (pemutusan hubungan kerja).

Data dirilis menjelang pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve pada minggu depan. The Fed diketahui sudah menyuntikkan stimulus besar-besaran dan menurunkan suku bunga acuan mendekati nol untuk meminimalisir dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).

“Namun, kami masih menghadapi ketidakpastian ekonomi, ketegangan , masalah di Amerika Serikat. Untuk jangka panjang, pengaruhnya jelas lebih positif (untuk emas) daripada negatif,” ungkap analis INTL FCStone Rhona O’Connell.

Tak jauh berbeda, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (6/6), terpantau turun Rp12.000 jadi Rp876 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun Rp16.000 menjadi Rp762 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam dijual Rp874 ribu per gram dan cetakan UBS harganya Rp896 ribu per gram.

Loading...