Data Ekonomi AS di Bawah Ekspektasi, Harga Emas Melambung

Harga Emas - news.sky.comHarga Emas - news.sky.com

Jakarta – Harga emas mengalami kenaikan tipis pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB usai data payroll non-pertanian Amerika Serikat yang di bawah ekspektasi memperbesar korban dari virus corona. Emas naik meski yang lebih kuat membatasi kenaikan logam mulia.

Harga emas di spot dilaporkan naik 0,4 persen jadi USD1.619,40 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat naik 0,5 persen ke angka USD1.645,70 per ons. “Emas terus berada dalam mode menunggu dan melihat seberapa buruk ekonomi akan mendapatkan dan berapa lama kondisi seperti depresi berlangsung,” ungkap Edward Moya, Analis Pasar Senior di OANDA, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

AS memotong 701 ribu pekerjaan pada Maret 2020, mengakhiri 113 bulan berturut-turut dari lapangan kerja. Hal ini merupakan dampak dari langkah-langkah ketat untuk mengendalikan wabah virus corona yang mengancam kelangsungan bisnis dan pabrik, sehingga sekaligus mengonfirmasi bahwa resesi tengah berlangsung.

“Sebagian besar pedagang akan mengharapkan emas menjadi lebih tinggi setelah data daftar gaji. Masalah emas adalah bahwa ketatnya pasokan berkurang dan dolar terus menggiling lebih tinggi. Pada akhirnya emas akan bersinar dari semua stimulus fiskal dan moneter yang dipompa ke pasar secara global,” sambungnya.

Sementara itu, pada Kamis lalu harga emas telah melonjak lebih dari 1 persen usai jumlah warga AS yang mengajukan klaim untuk tunjangan pengangguran pekan lalu naik ke level tertinggi karena lebih banyak memberlakukan aturan tetap di untuk menekan penyebaran virus corona.

“Secara teknis, bahkan ketika semuanya di pasar, emas menjual paling sedikit. Itu memberi tahu Anda emas itu kuat, orang ingin memilikinya. Jadi secara teoritis, emas harus menjadi aset utama selama 6-8 bulan ke depan,” ungkap Michael Matousek, Kepala Pedagang di Investor Global AS.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk berhasil meroket Rp26.000 jadi Rp944 ribu per 1 gram pada perdagangan Jumat (3/4). Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback juga naik Rp23 ribu jadi Rp845 ribu per gram. Di Pegadaian harga emas cetakan UBS hari ini, Sabtu (4/4) dijual Rp963 ribu per gram.

Loading...