Libur Natal & Tahun Baru, Harga Emas Terpantau Naik

Harga Emas - economictimes.indiatimes.comHarga Emas - economictimes.indiatimes.com

Jakarta – Sebelum libur Natal, sempat naik ke posisi USD1.500 per ounce pada perdagangan Selasa atau Rabu pagi WIB. Kenaikan harga tersebut dipicu oleh kekhawatiran yang berlarut-larut terhadap resesi dan ekuitas mendorong yang tinggi terhadap .

Harga emas di pasar spot dilaporkan naik hampir 1 persen jadi USD1.499,48 per ounce, level tertinggi sejak 5 November. Sedangkan harga emas berjangka berakhir menguat 1,1 persen menjadi USD1.504,80.

“Kami masih tidak melihat angka (AS) yang baik keluar dari sisi . Kami sepenuhnya bergantung pada pengeluaran konsumen. Tetapi ketika pengeluaran konsumen mulai sedikit berkurang, maka benar-benar bisa mulai melambat lebih nyata,” ujar Edward Meir, Analis di ED&F Man Capital Markets, seperti dilansir Reuters melalui Liputan6.

Sementara itu, permintaan terhadap barang-barang buatan Amerika Serikat nyaris tak seperti bulan November dan pengiriman turun. Menurut data yang dirilis pada Senin lalu, investasi bisnis mungkin akan tetap jadi hambatan ekonomi pertumbuhan pada kuartal IV. Data ekonomi AS dinantikan untuk isyarat kebijakan moneter yang akan datang oleh .

Harga emas sendiri lebih sensitif terhadap kenaikan acuan yang dapat mengangkat peluangnya. Sedangkan optimisme pada pembahasan perdagangan Antara AS dengan China telah terangkat ekuitas ke tingkat tertinggi. Stok dunia tetap berada di jalur tahun terbaiknya dalam satu dekade, sedangkan Wall Street turun dari tingkat mendekati rekor. “Pasar saham menjadi sangat jenuh. Jika Anda memiliki koreksi di saham, emas bisa mendapatkan keuntungan,” ujar Meir.

Pada Selasa (24/12), Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa dirinya dan Presiden China Xi Jinping akan menyelenggarakan seremoni untuk menandatangani kesepakatan dagang fase satu bulan ini. Konflik dagang yang berlangsung selama 17 bulan tersebut sudah memicu kenaikan 16% terhadap harga emas, sehingga menempatkan emas di jalur terbaik sejak 2010.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pada perdagangan terakhir, Jumat (27/12), terpantau naik Rp4.000 menjadi Rp762 ribu per 1 gram dengan harga buyback atau pembelian kembali yang juga naik Rp5.000 sebesar Rp678 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan UBS dibanderol Rp749 ribu per gram.

Loading...