Emas Dunia Anjlok Tertekan Dolar AS, Harga Emas Antam Cuma Naik Tipis

Emas batanganEmas batangan

Jakarta – Harga turun pada akhir perdagangan hari Jumat atau Sabtu pagi WIB. Melemahnya harga ini terjadi karena tekanan AS. Akan tetapi, ketidakpastian yang terjadi menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat pada tanggal 3 November 2020 mendatang membatasi penurunan harga emas batangan lebih lanjut.

Harga emas di spot terpantau turun 0,4 persen jadi USD1.896,84 per ounce. Sementara itu, harga emas berjangka AS juga turun sebesar 0,3 persen ke level USD1.898,40 per ons. “Pergerakan harga emas benar-benar mencerminkan nilai tukar dolar AS pada saat ini,” ujar kepala analis logam mulia BMO, Tai Wong, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Nilai emas terus berada pada kisaran level USD1.890 per ounce sampai USD1.930 per ounce. “Harga emas masih tertahan di kisaran rendah karena menunggu kepastian stimulus fiskal. Optimisme stimulus memudar setelah Direktur Dewan Nasional Larry Kudlow mencatat bahwa negosiasi masih berada dalam taraf ketidaksepakatan,” ungkap analis senior OANDA, Edward Moya.

Sepanjang tahun 2020 ini rupanya harga emas dilaporkan telah naik sekitar 25 persen. Naiknya harga emas itu didorong oleh statusnya sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi di tengah stimulus yang didorong pandemi (Covid-19) yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia.

Sedangkan kemarin, harga emas turun 1 persen mendekati USD1.900 per ounce di tengah data pekerjaan Amerika Serikat yang lebih baik dari perkiraan. “Jumlah klaim pengangguran, yang jauh lebih baik dari yang diharapkan, menekan emas. Peningkatan jumlah jenis menghilangkan beberapa urgensi untuk menyelesaikan kesepakatan stimulus sekarang,” beber Edward Moya.

Data menunjukkan bahwa klaim awal untuk tunjangan pengangguran bagian di AS turun 55 ribu jadi 787 ribu yang disesuaikan secara musiman pekan lalu, meski jumlah keseluruhan masih cukup tinggi. Survei Reuters memperkirakan 860 ribu klaim dalam seminggu terakhir.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (24/10), terpantau naik tipis Rp1.000 jadi Rp1.008.000 per 1 gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga naik Rp1.000 menjadi Rp900 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan UBS dijual Rp1.019.000 per gram.

Loading...