Kurs Dolar AS Melambung, Harga Emas Hari Ini Merosot

Harga emas - okezone.comHarga emas - okezone.com

Jakarta terpantau turun 1,8 persen pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran terimbas aksi jual yang lebih luas membebani emas bersamaan dengan yang menguat. Sedangkan harapan untuk stimulus lebih lanjut dari memertahankan harga emas batangan pada jalur untuk kenaikan mingguan pertama dalam 3 pekan belakangan.

Harga emas di pasar spot dilaporkan melemah 1 persen ke level USD1.851,50 per ounce, merosot dari level tertinggi selama 2 pekan pada perdagangan Kamis. Walau demikian, harga emas telah menguat 1,4 persen sepanjang minggu ini. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat turun 0,8 persen jadi USD1.851,50 per ons.

“Terlepas dari kelas aset, semuanya mulai dari ekuitas hingga pertanian hingga saham lunak dan banyak penekanan pada apakah stimulus dapat dilewati dan apakah peluncuran vaksin (COVID-19) dapat efektif,” ujar Phillip Streible, Kepala Pasar Ahli Strategi di Blue Line Futures, Chicago, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6. Menguatnya kurs AS juga sudah membebani harga emas batangan dengan patokan imbal hasil Treasury AS menguat melebihi 1 persen.

Sebagai informasi, Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mengusulkan rencana bantuan virus corona senilai USD1,9 triliun walaupun sejumlah Partai Republik menyatakan keprihatinan terhadap nilai tersebut.

“Akibatnya, perbedaan harga terhadap emas sempat menyempit menjadi USD720 per troy ounce. Terakhir kali penurunan ini terjadi pada Februari tahun lalu. Tidak ada pemicu spesifik untuk lonjakan harga tersebut. Harga mungkin telah didorong oleh pembelian teknis setelah melampaui level tertinggi sebelumnya di USD1.130,” ungkap analis Commerzbank, Carsten Fritsch dalam sebuah catatan.

Sementara itu, dari dalam negeri harga emas batangan PT (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (23/1) terpantau turun tipis sebesar Rp4 ribu dari Rp961 ribu menjadi Rp957 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam saat ini juga turun Rp4.000 ke level Rp838 ribu per gram. Di Pegadaian harga emas 1 gram cetakan UBS dijual seharga Rp935 ribu.

Loading...