Pasar Pesimis dengan Pemulihan Ekonomi, Harga Emas Mencuat

Harga emas - www.viva.co.idHarga emas - www.viva.co.id

Jakarta naik pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB dan menandai kenaikan harga mingguan kedua berturut-turut. Lonjakan harga tersebut ditengarai karena melemahnya AS dan kekhawatiran terkait pemulihan kondisi ekonomi dari pandemi (Covid-19).

Harga emas di pasar spot menguat sebesar 0,6 persen ke level USD1.953,72 per ounce, dan telah naik sebesar 0,6 persen selama sepekan ini. Sementara itu, harga emas berjangka Amerika Serikat berakhir menguat juga sebesar 0,6 persen ke angka USD1.962,10 per ons.

“Kami melihat dolar yang sedikit melemah, meskipun kami masih dalam kisaran yang sedikit di sini. Harga emas seharusnya lebih baik karena dolar akan terus melemah,” ujar Edward Meir, Analis di ED&F Man Capital Markets, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Indeks dolar AS yang mengukur pergerakan the terhadap sekeranjang mata uang utama terpantau turun 0,2 persen, sehingga membuat harga emas lebih murah untuk pemegang mata uang lainnya.

Pada Rabu lalu, berjanji untuk memertahankan suku bunga acuan mendekati nol untuk jangka waktu yang lama. Sedangkan Amerika Serikat mempertimbangkan tagihan bantuan virus corona senilai USD1,5 triliun.

Suku bunga acuan yang lebih rendah, yang mengurangi biaya peluang memegang emas yang tidak memberikan hasil, dan langkah-langkah stimulus yang meluas telah membantu harga emas naik lebih dari 28 persen sepanjang tahun 2020 ini lantaran dipandang sebagai instrumen lindung nilai terhadap .

“Kami percaya keseimbangan risiko tetap naik untuk harga emas dan mengharapkan harga rata-rata USD2.000 per ounce pada kuartal IV 2020 dan USD2.125 di tahun depan,” ungkap Analis Standard Chartered Suki Cooper. “Pembatasan koreksi jangka pendek, imbal hasil riil negatif dan dolar yang lebih lemah, di samping stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya, menciptakan lingkungan makro yang menguntungkan untuk emas dan kemungkinan akan menjadi pendorong harga emas selama beberapa bulan mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (19/9), turun Rp7.000 jadi Rp1.023.000 per 1 gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun Rp7.000 menjadi Rp925 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga jual emas cetakan Rp1.070.000 dan UBS Rp1.038.000 per gram.

Loading...