Kurs Dolar AS Menguat, Harga Emas Merosot Lebih dari 1 Persen

Ilustrasi: perdagangan emasIlustrasi: perdagangan emas

Jakarta anjlok lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB dan menuju penurunan mingguan kedua berturut-turut. Harga turun lantaran AS yang menguat. Harga emas di spot terpantau merosot 1 persen ke level USD1.827,90 per ons, usai sebelumnya turun sebesar 1,3 persen. Sedangkan harga emas berjangka juga turun 1,2 persen menjadi USD1.829,90 per ounce.

Indeks dolar AS yang mengukur pergerakan the Greenback terhadap sejumlah mata uang utama ada di jalur kenaikan mingguan terbesar sejak Oktober 2020. Menguatnya USD ini mengakibatkan harga emas batangan lebih mahal untuk pemegang mata uang lain.

“Serangan kekuatan dolar AS dan kenaikan imbal hasil AS telah memicu koreksi jangka pendek ke harga emas. Pasar emas terjebak di antara pembelian jangka panjang di belakang ekspektasi inflasi yang meningkat karena langkah-langkah stimulus dan kekhawatiran atas pengurangan QE terwujud,” ucap Analis Standard Chartered Suki Cooper, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sementara itu, imbal hasil obligasi pemerintah dengan jangka waktu 10 tahun bertahan mendekati posisi tertinggi dalam 10 bulan yang dicapai pada awal pekan ini. “Pemerintahan Biden harus mendukung agenda kebijakan yang jauh lebih ekspansif dari sebelumnya,” tutur kepala perdagangan derivatif di BMO, Tai Wong.

Presiden terpilih AS Joe Biden sebelumnya telah menjelaskan proposal paket stimulus USD1,9 triliun pada Kamis. Sedangkan logam mulia seperti emas dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang yang mungkin dihasilkan dari stimulus ekonomi tersebut.

Menurut Analis U.S. Investors Michael Matousek, dari sisi teknis harga emas mempunyai dukungan yang kuat sekitar USD1.775 per ons dan penurunan ke level tersebut bisa mendorong aksi beli lagi di pasar.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (16/1) juga turun drastis sebesar Rp8 ribu dari Rp956 ribu menjadi Rp948 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali yang turun Rp10 ribu ke Rp828 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas 1 gram cetakan UBS dijual Rp940 ribu.

Loading...