Imbal Hasil Treasury AS Turun, Harga Emas Melambung ke Level Tertinggi

Harga emas - okezone.comHarga emas - okezone.com

Jakarta – Harga mengalami kenaikan ke level tertinggi dalam lebih dari sepekan pada Jumat atau Sabtu pagi WIB sekaligus membukukan kenaikan mingguan. Harga logam mulia ini naik lantaran mengamankan hartanya pada logam safe-haven untuk melindungi nilai terhadap dampak yang ditimbulkan dari wabah .

Adapun harga emas di spot terpantau naik 0,3% ke level USD1.581,25 per ounce usai mencapai USD1.582,60, level tertinggi sejak 3 Februari 2020. Sedangkan untuk pekan ini, harga emas batangan sudah meningkat sekitar 0,7%. Sementara itu, harga emas berjangka AS naik 0,4% ke posisi USD1.585,50.

“Skenario corona virus masih belum jelas dan berita utama tentang situasi tersebut membuat pasar bergejolak, memaksa investor untuk berlindung pada emas safe-haven. Bahkan dengan virus hilang, emas diperkirakan akan diperdagangkan dalam kisaran USD 1.550 – USD 1.600 karena ketidakpastian lain seperti yang lebih rendah di seluruh utama, ketegangan Timur Tengah dan risiko politik lainnya masih ada,” kata George Gero, direktur pelaksana RBC Wealth Management.

Harga emas pun didukung oleh imbal hasil Treasury AS yang turun usai data penjualan ritel Amerika Serikat tidak sesuai dengan prediksi pasar di tengah kekhawatiran virus corona. Pengeluaran konsumen AS juga melambat lebih lanjut pada Januari 2020, sehingga memunculkan kekhawatiran terkait kemampuan ekonomi untuk terus berkembang pada kecepatan moderat.

“Kami masih menargetkan penurunan yield Treasury AS, selain kelemahan dari sudut . Kami percaya ini memberi emas hadiah risiko yang baik bahkan jika kami tidak melihat adanya ketidakpastian lebih lanjut dalam ketidakpastian pasar ekuitas,” ujar analis UBS.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (15/2), naik Rp3.000 dari Rp777 ribu menjadi Rp780 ribu per gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp5.000 menjadi Rp697 ribu per 1 gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas per gram cetakan Antam dijual Rp791 ribu dan cetakan UBS Rp787 ribu.

Loading...