Harga Emas Dunia Turun, Emas Antam Masih Berjaya di Atas Rp1 Jutaan

Harga Emas - menara62.comHarga Emas - menara62.com

Jakarta mengalami pelemahan pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran kurangnya stimulus lebih lanjut dari Bank Sentral Eropa (ECB) dan Amerika Serikat. Meski demikian, pada pekan ini logam mulia ditetapkan untuk berakhir lebih tinggi di tengah kekhawatiran terkait pemulihan kondisi ekonomi.

Harga emas di pasar spot terpantau turun sebesar 0,7 persen jadi USD1.941,07 per ounce. Dengan demikian, harga emas telah mengalami kenaikan 0,4 persen sepanjang pekan ini. Sementara itu, harga emas berjangka AS juga turun sebesar 0,8 persen ke angka USD1.947,90 per ons.

“Ada sedikit kekecewaan dengan ECB, karena ekspektasi bahwa kami akan melihat lebih banyak stimulus,” ujar Edward Moya, analis pasar senior di broker OANDA, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Pada Kamis, ECB Christine Lagarde menahan diri dari memberi isyarat bahwa bank sentral akan memperluas stimulus. Di sisi lain, Senat AS memblokir RUU Partai Republik untuk bantuan (-19) baru.

“Kami sedang beralih ke new normal pasca-COVID. Itu berarti kami tidak akan mengeluarkan stimulus yang sama, yang memberi sinyal ke pasar bahwa segala sesuatunya akan sedikit berbeda ke depannya,” ungkap Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Harga emas sudah melonjak hingga 28 persen tahun 2020 ini, ditunjang oleh stimulus besar-besaran yang dilakukan oleh bank sentral global, dengan emas yang dianggap sebagai aset safe haven terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Menurut Pavilonis, harga emas dapat mencapai USD2.300 per ons akhir tahun ini karena ketidakpastian terkait pasar ekuitas, ekonomi, dan pemilihan AS November 2020.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (12/9), terpantau naik Rp3.000 menjadi Rp1.031.000 per 1 gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga naik Rp4.000 ke posisi Rp933 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga jual emas cetakan Antam per gram dipatok Rp1.064.000 dan cetakan UBS Rp1.029.000.

Loading...