Data Pekerjaan AS Mengecewakan, Harga Emas Hari Ini Menguat

Harga Emas - sindonews.comHarga Emas - sindonews.com

Jakarta rupanya mampu berakhir dengan stabil pada Jumat (2/8). Sebelumnya, harga ini sempat naik turun pada perdagangan terakhir usai lapangan pekerjaan tak sesuai dengan harapan .

Adapun harga emas di pasar spot terpantau stabil di USD1.442,6 per ounce, mengoreksi penurunan sebelumnya sekitar 1 persen. Harga emas telah mengalami kenaikan hampir 2 persen selama sepekan ini. Sedangkan untuk harga emas berjangka AS ada di level USD1.457,50.

“Emas telah didukung oleh dorongan besar oleh bank sentral global utama untuk menurunkan mengingat kondisi makro yang memburuk. Satu hal yang menahan sedikit emas adalah kekuatan dolar, tetapi dengan melemahnya dolar hari ini, tampaknya telah membuka beberapa ruang bagi emas untuk kembali naik,” ujar analis INTL FCStone Edward Meir, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat menyampaikan bahwa ia siap mengenakan tarif tambahan sebesar 10% untuk impor China senilai USD300 miliar dan akan kembali dinaikkan apabila perbincangan terkait perdagangan tak mengalami kemajuan. “(Ini) sedikit gerakan psikologis. Harga emas telah berada di sekitar level ini (USD1.440 – USD1.450/oz) dan mengalami kesulitan untuk naik lebih tinggi, yang membuat investor sedikit lebih gugup,” kata analis ABN Amro Georgette Boele.

Berdasarkan data ekonomi terbaru juga menunjukkan perlambatan pertumbuhan pekerjaan AS pada bulan Juli 2019. Belum lagi dengan adanya ketegangan perdagangan, akan memberi dorongan baru bagi (The Fed) untuk menurunkan suku bunga acuannya lagi bulan depan. “Harga spot gold emas dapat menguji ulang resistance di USD1.449 per ounce. Jika menembus batas tersebut dapat menyebabkan kenaikan di kisaran USD1.461- USD1.474 per ounce,” papar analis teknis Reuters Wang Tao.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (3/8), pukul 08.02 WIB terpantau naik sebesar Rp5.000 dari Rp717 ribu per gram menjadi Rp722 ribu per 1 gram, dengan harga kembali (buyback) yang juga naik Rp5.000 menjadi Rp651 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam hari ini berada di angka Rp747 ribu per gram dan cetakan UBS Rp718 ribu per gram.

Loading...