Hari Ini Antam Bersinar, Harga Emas 100 Gr Dibanderol Rp71,4 Juta

Harga Emas - www.nuga.coHarga Emas - www.nuga.co

Jakarta – Harga hari ini kembali bersinar karena dipicu oleh ketegangan yang berlangsung di Timur Tengah. Di spot harga emas terpantau naik 0,3 persen jadi USD1.502,86 per ounce, meningkat sebesar 0,9 persen sepanjang minggu ini. Sedangkan harga emas berjangka AS juga naik sebesar 0,3 persen menjadi USD1.510,20.

“Ini konsolidasi bullish yang kami lihat,” ujar Fawad Razaqzada, analis pasar Forex.com, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6. Fawad juga menuturkan, kenaikan harga emas ini didorong oleh minat para pelaku pasar terhadap aset safe have setelah melihat adanya ketegangan di Timur Tengah. Sebelumnya AS menyatakan bahwa pihaknya akan mengenakan sanksi pada bank nasional Iran usai serangan akhir pekan lalu terhadap fasilitas minyak Arab Saudi.

Di sisi lain, Amerika Serikat Federal Reserve kembali menurunkan suku bunga acuannya untuk kedua kalinya tahun 2019 ini pada Rabu lalu. Namun The Fed memberi sinyal yang beragam terhadap kemungkinan penurunan suku bungan lanjutan di masa yang akan datang.

Suku bunga yang lebih rendah dinilai mengurangi peluang memegang non yield bullion dan menekan nilai tukar dolar AS, sehingga mengakibatkan emas lebih murah bagi investor yang memegang lain. “Prospek masih terlihat tidak menguntungkan dan bank sentral di seluruh dunia akan terus melonggarkan kebijakan moneter, yang akan bermanfaat bagi emas,” tutur analis FXTM Lukman Otunuga. Pasar pun kini tengah fokus pada pembicaraan antara Amerika Serikat dengan China di Washington sebelum diskusi tingkat tinggi diselenggarakan bulan depan.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pada hari ini, Sabtu (21/9), terpantau naik sebesar Rp7.000 menjadi Rp763 ribu per 1 gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp7.000 jadi Rp687 ribu per gram. Sedangkan untuk emas batang Antam 100 gr hari ini dijual di harga Rp71,4 juta. Kemudian di Pegadaian harga emas 100 gr Rp73.751.000, dengan harga emas per gram dipatok Rp793 ribu.

Loading...