AS-China Kembali Memanas, Harga Emas Hari Ini Sedikit Turun

Emas batanganEmas batangan

Jakarta – Harga melonjak dan berhasil mencapai rekor dalam beberapa hari terakhir hingga geraknya terhenti pada Jumat atau Sabtu pagi WIB. Hal ini disebabkan karena AS memperoleh kelonggaran dari para yang sedang mencari lindung nilai dari konflik antara Amerika Serikat dengan China.

Akan tetapi, kekhawatiran terhadap pandemi (Covid-19) yang memburuk mengakibatkan mulia ini tetap berada di jalur untuk kenaikan mingguan terpanjang selama sekitar 1 dekade. Harga emas di pasar spot turun 0,2 persen ke angka USD2.058,55 per ounce usai menginjak level tertinggi USD2.072,50 per ons di awal perdagangan.

Harga emas telah mengalami kenaikan sebesar 4 persen sepekan ini dan merupakan kenaikan mingguan sebanyak sembilan kali berturut-turut. Sementara itu, harga emas berjangka AS stabil di posisi USD2.070,20 per ounce.

“Kami akan melihat beberapa kemunduran (dalam emas) dari level ini dengan nilai tukar dolar terendah untuk sementara waktu dan bahkan mungkin melihat beberapa kekuatan dolar dalam waktu dekat, yang akan kembali kenaikan ini tetapi tidak seluruhnya,” ungkap Spencer Campbell, Direktur di SE Asia Consulting Pte Ltd, seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

Dolar AS terpantau rebound dari level terendah dalam 2 tahun terakhir lantaran Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk melarang 2 aplikasi China yang populer di AS telah membebani sentimen risiko. Dolar AS pun dianggap sebagai aset safe haven yang disukai selama adanya ketegangan antara Washington dan Beijing.

“Kinerja dolar memiliki pengaruh besar pada berapa banyak harga emas naik. Harus ada perubahan paradigma dalam pandangan untuk kebijakan moneter dan dunia, sebelum mempertimbangkan apakah lonjakan harga emas telah berjalan dengan sendirinya,” ucap Analis Pasar FXTM Han Tan.

Sementara itu, harga emas PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (8/8) turun Rp10.000 menjadi Rp1.055.000 per gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun Rp10.000 jadi Rp954 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas Antam per gram dijual Rp1.033.000 dan cetakan UBS Rp1.025.000.

Loading...