Suara Dinilai Lebih Merdu, Harga Derkuku Kelantan Bisa Sampai Jutaan Rupiah

Burung Derkuku Kelantan - www.olx.co.idBurung Derkuku Kelantan - www.olx.co.id

Derkuku atau tekukur adalah yang cukup banyak digemari oleh kalangan pecinta kicau. Tak lain karena kicauan drekuku terdengar indah dan merdu. Bukan hal yang aneh jika kemudian derkuku tertentu seperti derkuku kelantan bisa dengan harga cukup yang cukup mahal di .

Menurut David Hartanto, salah satu burung derkuku Malaysia, kicauan derkuku Malaysia lebih besar dan menggema dibanding derkuku lokal. “Ada tiga jenis tekukur dari Malaysia yang saya pelihara. Yaitu dari Trengganu, Kelantan, dan dari Johor,” kata David, seperti dilansir Tribunnews.

David mengaku sudah hobi membudidayakan burung tekukur dari Negeri Jiran sejak 2001. Menurutnya tekukur itu sengaja didatangkan karena dinilai lebih indah dan banyak peminatnya. “Selain suaranya lebih besar dan menggema, secara fisik juga lebih besar dan menarik,” ujar David.

Sosok derkuku Kelantan semakin digemari lantaran ada kontes atau perlombaannya. Harga derkuku asal Malaysia pun tak murah, tahun 2017 lalu saja dijual dengan harga Rp500 ribu per ekor untuk kualitas biasa. Sedangkan tahun 2020 ini di jual-beli online harga derkuku kelantan betina Rp475 ribu, dan derkuku kelantan yang sudah gacor harganya berkisar antara Rp650 ribu hingga mencapai lebih dari Rp1 jutaan. Luar biasa sekali bukan?

Devid menilai, beternak derkuku Kelantan, Johor, dan Trenggenau sangat menguntungkan. “Ternyata begitu kita mengejar kuantitas, kualitasnya semakin lama semakin menurun. Sampai saya menyimpulkan, perlu ada keseimbangan antara hobi, pelestarian, dan bisnis,” bebernya.

Oleh sebab itu, David hanya memelihara sekitar 10 pasang derkuku dari 3 varian tersebut. Guna memacu produksi, telur derkuku biasanya akan dierami dengan induk burung puter. Tetapi, David lebih memilih cara alami dengan menggunakan induk asli derkuku. Setidaknya butuh waktu 14 hari bagi induk derkuku untuk mengerami telurnya. “Usia empat minggu dikeluarkan dari kandang induknya dan siap dijual. Saat diambil, induknya sudah mengerami telur yang baru,” katanya. Untuk seekor anakan derkuku yang dinilai berkualitas bisa dijual antara Rp1,5 juta sampai Rp2,5 juta.

Loading...