Warna Bulu Unik, Harga Decu Kembang Berkisar Ratusan Ribu Rupiah

Burung Decu Kembang - (YouTube: Hunter Cilik)Burung Decu Kembang - (YouTube: Hunter Cilik)

burung kicau yang banyak dipelihara oleh yang banyak. Salah satu yang cukup disukai adalah burung decu kembang. Burung ini kabarnya dapat ditemukan di Barat sampai Selatan dan Tenggara. Burung decu biasanya hidup di alam terbuka atau padang rumput yang luas. decu kembang di dibanderol kisaran ratusan ribu rupiah.

Ukuran burung decu umumnya sekitar 13 cm dengan bulu badannya yang didominasi putih dan hitam. Burung decu jantan mempunyai bulu yang hitam di sekujur tubuhnya, kecuali pada bagian sayap yang mempunyai garis putih terang. Di bagian bawah perut pun ada corak putih terang yang membuat tampilan burung hias ini makin menarik. Jika masih muda, bulu decu berwarna cokelat bertotol.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, jenis burung decu ada bermacam-macam, mulai dari whinchat, decu alis putih, decu leher putih yang hampir punah karena habitatnya rusak, decu ekor putih, decu kembang, hingga decu abu-abu.

Burung decu sendiri termasuk jenis burung endemik yang kerap dilombakan dalam kompetisi kicau. “Animo terhadap burung berkicau sekarang cukup tinggi, kalau dulu dalam sekali kompetisi diikuti oleh 300 orang, sekarang sudah bisa sampai 600 sampai dengan 800 orang,” kata David Fulbertus, Ketua Ronggolawe Nusantara NTT, seperti dilansir Tribunnews.

Adapun harga decu kembang dipatok variatif. Menurut penelusuran di sejumlah jual beli , harga decu kembang mini dibanderol Rp325 ribuan per ekor. Kemudian untuk decu kembang yang sudah bisa gacor (berkicau) dan jinak harganya mencapai Rp650 ribu, decu kembang blangkon hitam putih jinak fullset dijual seharga Rp875 ribu, dan ada pula decu kembang jantan bakalan yang relatif murah seharga Rp125 ribu saja.

Burung decu kembang bisa ditemukan di -pasar burung atau biasanya dijual di kalangan pecinta burung hias. Namun perlu diketahui bahwa harga decu kembang yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari usia dan juga kualitas burung hias itu sendiri.

Loading...