Harga Ratusan Ribu Rupiah, Begini Rahasia Mengolah Daging Angsa

Harga Daging Angsa - cooking.nytimes.comHarga Daging Angsa - cooking.nytimes.com

JAKARTA – Menyantap ayam atau bebek mungkin sering atau sudah pernah Anda lakukan. Namun, bagaimana jika menikmati sepiring nasi hangat dengan angsa? Meski terdengar agak aneh karena jarang dikonsumsi, sekali-kali Anda bisa mencobanya. Di sendiri, angsa sekarang dengan harga berkisar Rp250 ribuan per ekor atau sekitar 3 kg.

Seperti bebek, daging angsa memang cenderung alot dan amis. Nah, untuk mengakalinya, menurut Chef Sunarko dari Restoran Ayam, Bebek, Angsa Masak di Kuali, Pantai Indah Kapuk, seperti dilansir Viva, daging bisa diungkep terlebih dahulu selama satu jam dengan rempah-rempah seperti lengkuas, kemiri, bawang putih, bawang merah, dan jahe agar empuk.

“Kalau tidak bisa mengolahnya, memang luar biasa baunya. Biasanya, kita berikan jeruk nipis, lalu diungkep, kemudian dicampur dengan bumbu dan rempah,” jelas Chef Sunarko. “Jeruk nipis itu kemudian kita ulenin dan diamkan. Setelah didiamkan, pasti keluar airnya dan kemudian dibuang airnya. Setelah itu, diberi dengan bumbu, lalu diungkep.”

Ia menambahkan bahwa bau amis pada daging angsa dan juga bebek bisa hilang dengan jeruk nipis jika dilumuri dengan rata dan didiamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, baru bisa diberi bumbu dan rempah-rempah. “Alternatif lain adalah merebus daging angsa dengan potongan buah nanas muda secukupnya, lalu diungkep dalam jangka waktu satu hingga 1,5 jam,” sambung Chef Sunarko.

“Kalau mau lebih empuk, bisa diungkep lebih lama, bisa memakai presto juga. Pakai apinya sedang saja. Kalau api besar saat diungkep, airnya sudah habis tetapi dagingnya belum lunak,” imbuhnya. “Untuk mempresto daging angsa, gunakan api yang panas terlebih dahulu. Jika panci presto sudah mendesis, bisa dikecilkan apinya ke level sedang, dan dipresto selama satu jam.”

Sayangnya, seperti daging kalkun, daging angsa juga memiliki kandungan purine yang cukup tinggi meskipun termasuk dalam golongan daging putih. Jika Anda terlalu banyak daging ini, bisa memicu penyakit asam urat. Dilansir Suara, agar lebih , Anda bisa memilih daging ayam dan bebek untuk lebih , dan bagian paha lebih baik daripada bagian dada dengan .

Loading...