Tersedia Produk Ori dan KW, Ini Harga Charger Laptop ASUS X453M

Charger laptop ASUS X453M (sumber: shopee)Charger laptop ASUS X453M (sumber: shopee)

JAKARTA – Biasanya, saat membeli notebook baru, konsumen juga akan diberikan charger untuk mengisi daya atau menyambungkan perangkat dengan . Namun, karena faktor pemakaian dan waktu, ada kalanya charger rusak, terutama kabel yang mulai putus. Untungnya, saat ini sudah banyak yang menjual charger secara terpisah, termasuk untuk X453M. Jika aslinya ditawarkan dengan ratusan ribu , maka harga barang KW-nya jauh lebih murah.

Tidak susah mendapatkan charger untuk ASUS X453M. Anda bisa membeli produk ini di berbagai toko aksesori laptop hingga situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, produk OEM ditawarkan dengan harga Rp240 ribuan, sedangkan barang yang diklaim asli harganya berkisar Rp300 ribu hingga Rp600 ribuan. Selain itu, ada juga produk KW yang dilepas dengan harga mulai Rp60 ribu sampai Rp150 ribuan.

Dilansir dari Technology Trendsetter, charger merupakan aksesori penting untuk laptop. Tanpa charger, laptop tidak akan dapat diisi daya, dan tentunya juga tidak dapat difungsikan. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat charger laptop, dimulai dari mengenal penyebab charger laptop rusak dan bagaimana cara mencegahnya.

Ada banyak faktor yang dapat membuat charger rusak. Kesalahan yang sering dilakukan pengguna adalah mencabut colokan charger. Bukannya menarik kepala charger dari colokan listrik, malah menarik kabelnya hingga terlepas. Ini berpotensi merusak charger karena ketika Anda menarik, bisa jadi serat tembaga yang ada di dalamnya menjadi putus.

Menggunakan charger laptop yang bukan pasangannya juga bisa membuatnya rusak. Perlu diketahui bahwa charger laptop memiliki port yang berbeda-beda, bahkan tiap model notebook. Memasangkan adaptor charger pada perangkat yang bukan pasangannya bisa menyebabkan patah. Sehingga, adaptor tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Parahnya lagi, bukan hanya adaptor charger yang rusak, laptop pun bisa ikut rusak.

“Sering menggulung dan mengurai kabel ternyata juga menjadi penyebab adaptor charger gampang rusak,” tulis Technology Trendsetter. “Karena, saat digulung atau diurai, tentu kabel mengalami perubahan bentuk yang mungkin tidak terlihat secara langsung dari luar. Untuk mencegah kerusakan tersebut, jangan terlalu sering menggulung dan mengurai kabel adaptor charger laptop.”

Loading...