Tergolong Ikan Hias Eksotis, Harga Channa Gachua Dibanderol Terjangkau

Ikan channa gachua (sumber: pinterest)Ikan channa gachua (sumber: pinterest)

yang banyak dipelihara oleh para penghobi hias semakin beragam. Tak terbatas pada -ikan hias umum saja, banyak pula orang yang mulai memelihara ikan hias eksotis seperti channa gachua alias bogo. Ikan air tawar yang merupakan anggota suku Channidae (kerabat gabus) ini tergolong ikan predator yang memangsa ikan-ikan berukuran lebih kecil, berudu, dan sebagainya. channa gachua berkisar di angka puluhan ribu hingga ratusan ribu .

Ikan yang bertubuh cukup kecil ini memiliki banyak sebutan lain seperti Dwarf snakehead, Frog snakehead, dan Brown snakehead. Di beberapa daerah ikan channa gachua disebut dengan julukan gabus, bogo, hejo gado, bogo benguk, hingga kutuk benguk.

“Channa gachua menyebar luas. Tercatat mulai dari Iran, Afghanistan, Pakistan, India, Srilanka, Bangladesh, Burma, Tiongkok selatan, Thailand, Laos, Kamboja, Malaysia, dan . Di tercatat dari Sumatra (termasuk Nias, Bangka, Belitung), Kalimantan, Jawa (termasuk Bawean), dan Madura,” demikian seperti dilansir Wikipedia.

Adapun harga channa gachua di biasanya kisaran Rp15 ribuan hingga Rp150 ribuan per ekor. Jika semakin besar ukurannya dan kulitnya sudah muncul corak-corak yang indah, maka harga banderolnya pun akan lebih mahal pula.

Ikan channa gachua biasanya dapat ditemukan di sungai, terutama sungai-sungai kecil yang dangkal di daerah bergunung dan berbukit-bukit, sungai kecil di hutan, danau dan kolam, serta perairan yang diam, keruh, atau rendah oksigen.

Ikan bogo banyak dipelihara sebagai ikan hias di aquarium karena kabarnya memiliki corak kulit yang indah jika dipelihara dengan benar. Saat masih berukuran kecil, ikan bogo memiliki kulit berwarna kecokelatan dengan sisi atas berwarna lebih gelap.

Makhluk ini tergolong makhluk nokturnal yang aktif di malam hari. Uniknya, bogo juga sering keluar dari air untuk berpindah tempat melewati daratan. Saat pemijahan, bogo dapat menelurkan sekitar 20-200 butir telur yang kemudian dibuahi oleh ikan jantan. Jika sudah menetas, anak-anak bogo itu nantinya dipelihara dan dilindungi dalam mulut induknya.

Loading...