Berfungsi Atasi Alergi, Harga Cetirizine 1 Strip Dibanderol Terjangkau

Minum Obat Alergi - assistanceservicesgroup.comMinum Obat Alergi - assistanceservicesgroup.com

obat yang dapat mengatasi ada beragam. Salah satu yang kerap digunakan adalah obat generik Cetirizine. Obat keras yang hanya bisa dibeli dengan dokter ini dengan harga sekitar Rp6.400 per 1 strip isi 10 tablet. Cetirizine HCl berfungsi untuk meredakan gejala seperti mata dan hidung berair, gatal pada mata dan hidung, bersin-bersin, hingga gatal pada kulit.

Obat Cetirizine bekerja dengan cara memblokir zat histamin yang menyebabkan alergi pada tubuh. Selain dijual per strip, Cetirizine juga kerap dijual per tablet dengan harga cukup murah, hanya Rp400 saja

Menurut John P. Cunha, DO, FACOEP, dokter spesialis emergensi, obat Cetirizine telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) dan dijual bebas. “Obat ini juga digunakan sebagai untuk meredakan gejala dan kondisi lain seperti urtikaria (gatal-gatal), angioedema, reaksi anafilaksis, pruritus, dan konjungtivitis alergi,” kata Cunha, seperti dilansir Rxlist melalui Detik.

Cunha menjelaskan, Cetirizine bekerja dengan memblokir zat alami tertentu yang disebut histamin yang dibuat tubuh selama reaksi alergi. Sedangkan Aleah Rodriguez, PharmD, ahli biokimia dan farmasi mengungkapkan bahwa meski Cetirizine aman dan efektif, para orang tua tetap harus waspada terhadap peringatan saat hendak memberikan obat Cetirizine.

Rodriguez menuturkan, jika anak atau orang dewasa mempunyai gejala sepanjang tahu atau alergi musiman seperti demam, dokter dapat merekomendasikan konsumsi Cetirizine. Obat ini hanya dapat membantu meringankan gejala alergi namun tidak dapat mencegahnya.

Gejala alergi yang dapat diatasi dengan Cetirizine antara lain gejala ringan sampai sedang seperti bersin, hidung beringus, mata gatal atau berair, dan tenggorokan atau hidung gatal. “Reaksi ini dapat terjadi setelah Anda menyentuh atau menghirup alergen seperti serbuk sari tanaman, jamur, atau bulu . Alergi biasanya memengaruhi hidung, sinus, tenggorokan, dan area lain di sistem pernapasan bagian atas,” bebernya.

Di samping itu, Cetirizine pun dapat membantu meredakan gatal-gatal yang menyebabkan ruam di kulit yang kerap terjadi karena alergi makanan atau obat-obatan.

Loading...