Berguna untuk Aneka Keperluan, Segini Kisaran Harga Cetak Stiker A4

Harga Cetak Stiker - id.pinterest.comHarga Cetak Stiker - id.pinterest.com

Promosi bisa dilakukan lewat berbagai media, termasuk lewat stiker. Sticker ini biasanya dipesan dengan beraneka logo di percetakan untuk keperluan seperti label kemasan makanan dan minuman, kampanye, identitas komunitas, pemilu, logo brand tertentu, dan masih banyak lagi. Adapun cetak stiker A4 relatif murah, hanya berkisar mulai beberapa ribu saja.

Di Bogor misalnya, jasa cetak sticker chromo ukuran A4 dipatok mulai harga Rp4.000, kemudian untuk jasa cetak + potong bulat sticker chromo A4 tarifnya Rp6.500, cetak sticker vinyl A4 + laminasi + potong Rp8.000 hingga Rp13.000, dan masih banyak lagi.

Usaha percetakan biasanya akan sangat bergairah di masa pemilihan kepala daerah. Omzet yang diperoleh kabarnya dapat mencapai angka ratusan juta rupiah. Namun, jika kurang berhati-hati rupanya jasa percetakan pun dapat menderita kerugian. “Order barang kampanye membludak menjelang Pemilu. Kalau semua order mau diambil, kerja lembur 24 jam rasanya enggak cukup,” kata Ahmad Arifin, usaha konveksi dan printing Ipang Production di Muntilan, Magelang, seperti dilansir Gatra.

Ahmad berpesan, pengusaha sablon dan printing sebaiknya harus cerdas dalam memilah supaya tidak rugi. Pasalnya, banyak usaha sablon yang bangkrut lantaran ditinggal lari oleh para pemesan. Untuk tanda jadi, pemesan biasanya baru membayar uang muka atau DP separuh dari keseluruhan dan sisanya dibayar jika seluruh barang sudah diterima pemesan.

“Pelunasan ini yang biasanya macet. Barang sudah terlanjur dikirim, pembayaran uang sisanya ditinggal kabur. Banyak temen-temen saya bangkrut karena ambil order-an atau caleg,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Ahmad membagikan tips bagi para pebisnis percetakan supaya terhindari dari modus “hit and run” semacam itu. Khusus untuk barang kampanye, Ipang Production membuat perjanjian hanya akan mengerjakan pesanan sesuai jumlah uang muka. “Harus ekstra hati-hati melayani pesanan untuk kebutuhan pemilu. Kadang enggak jelas juga penanggung jawabnya. Apalagi kalau orang yang diusungnya kalah,” katanya.

Keuntungan dalam menggarap barang pesanan kampanye ada pada jumlahnya yang banyak. Contoh untuk pemesanan kaus kebutuhan kampanye saja bisa membutuhkan sekitar 50 ribu kaus. Namun, menurut Ahmad jumlah tak sesuai dengan waktu dan jumlah tenaga kerja yang dikerahkan. Pasalnya, sang pemesan lebih sering mencari harga beli paling murah.

Loading...