Kerap Dipakai Buat ID Card, Berapa Harga Cetak Kartu Magnetik?

Harga Cetak Kartu Magnetik - indonesian.alibaba.comHarga Cetak Kartu Magnetik - indonesian.alibaba.com

Kartu magnetik merupakan kartu plastik seperti ID card atau member card pada umumnya, tetapi di bagian belakangnya mempunyai pita magnetic stripe warna hitam seperti yang ada pada kartu ATM, kartu kredit, atau kartu pintu hotel. Magnetic stripe yang ada pada kartu ini fungsinya untuk menyimpan atau kode tertentu yang hanya bisa dipakai dengan menggesekkan kartu ke alat swipe reader. Nah, atau untuk cetak kartu magnetik pada dasarnya cukup murah.

Di salah satu jasa percetakan yang ada di Yogyakarta, tarif membuat kartu ID magnetik bijian adalah Rp6.500, sedangkan untuk biaya pembuatan kartu magnetik berjumlah 51-500 buah adalah Rp6.000, dan harga cetak kartu magnetik lebih dari 501 buah dikenai Rp5.500. Sedangkan untuk biaya kartu magnetik berkisar Rp30 ribu per , sudah termasuk revisi sebanyak 3 kali.

Adapun pita magnetik yang digunakan adalah hico atau lowco. hico dinilai lebih bagus karena lebih tahan dengan gesekan dibanding loco. Selain itu, penggunaan kartu magnetik disebut-sebut lebih aman dibanding kartu barcode karena kode rahasia yang ada pada kartu tak terlihat seperti pada barcode.

Namun, meski jenis kartu magnetik banyak dipakai pada kartu ATM, sejumlah bank di Indonesia berbondong-bondong beralih menggunakan kartu berteknologi chip yang disebut lebih aman dari praktik kejahatan skimming. Skimming atau pencurian data perbankan sendiri marak sejak tahun 2010 lalu dan telah menelan banyak korban.

“Kalau skimming itu, pelaku menyalin data dari magnetic stripe, lalu mereka tinggal sinkronisasi dengan komputer dan mereka langsung mendapatkan nomor PIN nasabah. Saat itu mereka memiliki data sekitar 100 ribu nasabah bank di Indonesia yang siap dibobol. Semua datanya tersimpan di kartu memori,” kata Digital Forensic Analyst Ruby Alamsyah, seperti dilansir Detik.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI Sugeng mengungkapkan bahwa pihak Bank Indonesia telah mewajibkan semua bank yang menerbitkan kartu ATM/debit untuk memakai standar nasional kartu chip. “Latar belakang utamanya adalah untuk . Kartu chip aman dari risiko skimming yang ada di kartu magnetic stripe,” ucap Sugeng.

Loading...