Alat Penting dalam Laboratorium, Segini Harga Cawan Petri Pyrex

Ilustrasi: penggunaan cawan petriIlustrasi: penggunaan cawan petri

Dalam sebuah , keberadaan cawan petri atau petri dish memang sangat penting. Benda yang juga disebut telepa petri ini merupakan sebuah wadah berbentuk bundar yang umumnya terbuat dari plastik atau kaca dan dibutuhkan untuk membiakkan sel. Cawan petri selalu berpasangan, dengan cawan agak kecil sebagai wadah dan yang ukurannya lebih besar berfungsi sebagai tutupnya. Ada beberapa pilihan cawan petri yang berkualitas baik, salah satunya seperti Pyrex. cawan petri Pyrex berkisar mulai puluhan ribu .

Sebagai contoh, untuk Pyrex 3160-101 Petri Dish ukuran 100 x 15 mm dengan harga sekitar Rp72 ribu sampai Rp83 ribuan. Kemudian, Pyrex 3160-100 Petri Dish 100 x 10 harganya mencapai Rp105 ribuan, Pyrex 3160-102 100×20 mm Rp87 ribuan, Pyrex Petri Dish 60×15 mm harganya Rp15 ribuan saja, dan untuk Pyrex 3160-150 Petri Dish 150 x 15 mm harganya Rp209 ribu.

“Cawan PYREX yang rata dan bening ini akan tahan terhadap sterilisasi berulang (basah atau kering). Cawan tidak terpengaruh secara kimiawi atau termal oleh salah satu metode yang biasa digunakan di laboratorium di mana sterilisasi secara rutin digunakan,” kata salah satu cawan petri Pyrex.

Cawan petri sendiri kabarnya dinamai menurut nama penemunya pada tahun 1877 silam, yakni Julius Richard Petri, ahli bakteri berkebangsaan Jerman. Cawan petri digunakan sebagai wadah untuk penyelidikan tropi dan juga untuk mengkultur bakteri, khamir, spora, atau biji-bijian. Cawan petri plastik dapat dimusnahkan setelah sekali pakai untuk kultur bakteri.

Ketika pertama kali dikembangkan, Petri menilai bahwa tutup pada cawan efektif mencegah kontaminasi, sedangkan bentuk dasar cawan yang rata membuatnya dapat ditumpuk sehingga memudahkan dalam penyimpanan dan penyusunan.

Selain untuk kultur bakteri, di -sekolah biasanya cawan petri digunakan untuk mengajarkan siswa mengenai perkecambahan biji. Jika menggunakan cawan petri yang transparan, siswa dapat melihat langsung seperti apa perkembangan perkecambahan biji dari waktu ke waktu. Di samping itu, cawan petri pun dapat dipakai untuk menempatkan jaringan hasil sayatan untuk kemudian dianalisis dengan .

Loading...