Harga Capai Ratusan Ribu Rupiah, Minyak Misik Diyakini Berguna Untuk Memandikan Keris

Minyak Misik - www.mistikjawa.comMinyak Misik - www.mistikjawa.com

Pada peringatan malam 1 Sura atau Tahun Baru Islam 1439 H lalu banyak digunakan oleh kalangan tertentu untuk melakukan berbagai ritual, salah satunya seperti memandikan benda pusaka. Menurut keyakinan beberapa orang, memandikan keris dan benda-benda pusaka lainnya sebaiknya menggunakan misik dan juga persyaratan lain supaya dapat mempertahankan esoteris dan eksoterik dari benda-benda pusaka itu sendiri. Tak ayal jika minyak misik menjadi salah satu minyak wangi yang diburu selama momen Suro.

Selain minyak misik, rupanya ada beberapa pilihan minyak lain yang juga biasa dipakai untuk memandikan keris, misalnya saja minyak jafaron, minyak jamas, minyak kayu cendana, minyak melati, dan minyak seribu bunga. “Itu yang dibutuhkan dalam menjamas keris. Cara-cara seperti itu merupakan warisan yang telah diajarkan oleh para empu dan leluhur dalam merawat keris pusaka,” ujar Raden Ridwan Yusuf, salah satu kolektor keris, Rabu (20/9), seperti dilansir Okezone.

Minyak misik alias musk sendiri tergolong wewangian yang baunya cukup menyengat dan disebut-sebut tahan lama. Jenisnya ada 2, yaitu minyak misik hitam dan minyak misik putih. Konon minyak misik putih mempunyai yang lebih dibandingkan minyak misik hitam. Menariknya, minyak misik kabarnya didapat dari keringat kijang jantan yang ada di gunung, kemudian keringatnya tersebut mengalami kristalisasi hingga menjadi butiran berwarna hitam keemasan. Kristal itu yang nantinya dicampur dengan minyak agar menjadi minyak misik yang harumnya layaknya kasturi.

Selain dimanfaatkan dalam dunia supranatural, minyak misik juga diklaim memiliki khasiat lain seperti mampu menghilangkan sesak napas, menghilangkan letik, menghilangkan perasaan gelisah, menyadarkan orang yang pingsan, dan masih banyak lagi.

Minyak misik yang asli biasanya banyak di tempat-tempat atau toko yang menyediakan bibit minyak wangi. Beberapa orang yang kesulitan menemukannya di toko biasanya akan membeli minyak misik secara online. minyak misik sendiri cukup bervariasi, biasanya dikemas dalam sebuah botol kecil berwarna bening dan memiliki takaran isi yang berbeda-beda. Di beberapa situs e-commerce, minyak misik dijual dengan sekitar Rp 50 ribuan hingga mencapai Rp 850 ribu untuk varian minyak misik Turki.

Loading...