Harga Capai Miliaran Rupiah, Jetpack Memungkinkan Anda Terbang Layaknya Iron Man

Jetpack - plugin-magazine.com

Cita-cita manusia untuk bisa terbang tampaknya sedikit demi sedikit mulai bisa terwujud. Pasalnya saat ini mulai banyak dikembangkan terbang yang dinamakan Jetpack. Karena tidak dibuat dengan sederhana, maka Jetpack yang di pun harganya relatif , bahkan bisa mencapai miliaran . Ada beberapa Jetpack yang diperkenalkan pada khalayak umum, misalnya saja Martin Jetpack hingga JB-10 Jetpack besutan JetPack Aviation.

Martin Jetpack mengusung tampilan mirip sayap mekanik yang dipanggul di punggung dan telah dijual secara komersial sejak awal tahun 2016 lalu. purwarupa jet kecil ini telah dikenalkan dari tahun 2011 lalu dan dijual dengan USD 150 ribu atau setara dengan Rp 2 miliar jika dirupiahkan. tersebut tampaknya sebandingkan dengan kerja keras pencetusnya, Glenn Martin yang telah memulai pengerjaan Jetpack buatannya sejak tahun 1980 silam di sebuah garasi.

Cara kerja Martin Jetpack mengandalkan mesin V4 yang terpasang di sisi kanan dan kiri. Martin Jetpack dapat terbang cukup lama, yakni 30 menit di udara dengan kecepatan mencapai 46 mph. Bobot Martin Jetpack pun cukup berat, yakni 120 kg. Sehingga bagi yang tertarik memilikinya tentu harus membayangkan terlebih dahulu bagaimana rasa memanggul peralatan seberat 120 kg.

“Mesin jetpack ini sangat mungkin menarik orang kaya yang ingin mencari sensasi, namun Martin Jetpack lebih berguna untuk aksi seperti misi penyelamatan dan pencarian yang susah ditembus alat konvensional. Jadi misalnya terjadi kebakaran, mesin akan mencari lokasi titik api, atau melakukan patroli rutin bagi penyelamat pantai, di sepanjang garis pantai,” kata Chief Executive Officer Martin Peter Coker, seperti dilansir Reuters.

Sementara itu, JB-10 Jetpack dikembangkan oleh mantan pilot Australia bernama David Mayman. JB-10 Jetpack terbang menggunakan 2 mesin jet mini yang mampu bergerak dengan bahan bakar khusus penerbangan. Perangkat unik ini dapat membawa beban maksimal 350 lbs atau sekitar 150 kg. Untuk mengendalikan jetpack ini dapat menggunakan 2 macam joystick, yang satu untuk terbang ke atas dan satunya untuk menentukan arah.

JB-10 Jetpack dapat terbang 1.000 kaki atau 300 meter selama 10 menit, sedangkan kecepatannya juga dapat mencapai 60 mil per jam. Jetpack kencang ini telah dijual pada bulan April-Mei 2017 lalu. Sayangnya belum ada informasi mengenai harga device yang memungkinkan Anda terbang layaknya Iron Man tersebut. Mayman pun kabarnya akan membuat versi elektronik dari jetpack tersebut dengan harga sekitar Rp 3,3 miliar.

Selain jetpack yang terbang di udara, ada pula jetpack air yang mungkin sudah banyak dikenal lewat iklan rokok di televisi. Jetpack air bernama flyboard tersebut dijual sekitar USD 6.600 atau sekitar Rp 89 jutaan. Di Bali, tepatnya di Tanjung Benoa kabarnya tersedia fasilitas water sport menggunakan flyboard yang bisa disewa dengan tarif Rp 975 ribu per orang. Bagaimana? Tertarik mencoba?

Loading...