Populer untuk Musik Akustik, Berapa Harga Cajon Yamaha?

Ilustrasi : Seorang musisi memainkan cajonIlustrasi : Seorang musisi memainkan cajon - nuansamusik.com

Musik sejak beberapa tahun belakangan memang begitu populer di kalangan anak muda. Bahkan saat ini sudah banyak lagu-lagu yang diaransemen ulang ke versi , sehingga terdengar lebih segar dan juga easy listening. sendiri ada bermacam-macam, mulai dari gitar hingga yang beberapa waktu terakhir sedang hits adalah cajon. Calon sendiri berfungsi sebagai pengganti drum dan harga banderolnya cukup bervariasi.

Sayangnya, hingga kini brand alat musik ternama seperti tampaknya masih belum memproduksi cajon dalam mereknya sendiri. Cajon atau yang kerap disebut dengan istilah kahon di justru banyak juga diproduksi oleh produsen lokal. Meski demikian, kajon lokal cukup bersaing dengan cajon-cajon buatan luar negeri.

Salah satu pengrajin cajon dan gitar lokal bernama Eli Instrument asal Pematangsiantar mengaku dapat membuat alat musik akustik gitar dan cajon yang berkualitas namun dengan harga yang murah. Pendiri Eli Instrument, Alvon Bernardo Luasanda Panjaitan mengaku sengaja membuka pabrik kecil-kecilan itu karena menyayangkan banyak masyarakat yang membeli gitar di -toko dengan harga mahal.

Alvon mengaku mencoba membuat gitar sendiri secara manual sejak tahun 2011. Biaya produksi untuk membuat sebuah gitar rupanya tak semahal yang ia kira. Akhirnya tahun 2016 ia mulai mantap membuka bengkel pembuatan gitar. “Tamat dari di USU jurusan Etnomusikologi. 2016 bulan Januari mulai membuat ini,” tutur Alvon.

Alvon menuturkan, ilmu membuat gitar ini ia peroleh dari teman-teman dan mata kuliah di kampus. “Aku dapat 20 persen dari bengkel di kampus. Lalu, 80 persen diajari teman-teman. Di kampus ada bengkel gitar. Teorinya aku tahu di dalam di kampus. Lebih banyak kawan-kawan yang ngajari,” ungkapnya. “Ciri khas kami, kualitasnya bagus tapi lebih murah,” sambungnya.

Harga cajon di pasaran sendiri bervariasi, tergantung merek dan modelnya. Sebagai contoh, untuk cajon lokal dengan tambahan logo ‘Yamaha’ dijual dengan harga cukup murah, hanya Rp120 ribu saja. Ada juga cajon yang harganya mencapai jutaan seperti Tycoon STK-29MA Cajon seharga Rp1,7 jutaan, atau cajon Sela buatan Jerman yang bisa mencapai Rp3 jutaan lebih.

Loading...