Kerap Dipakai Bahan Sanitizer, Harga Cairan H2O2 Dibanderol Variatif

Harga Cairan H2O2 - www.tokopedia.comHarga Cairan H2O2 - www.tokopedia.com

Sejak adanya pandemi (Covid-19), terhadap barang-barang dan sanitasi semakin meningkat. Salah satu yang banyak dicari adalah Hidrogen peroksida (Hydrogen peroxide), atau yang memiliki rumus H2O2. Cairan bening berwarna biru pucat ini dijadikan bahan pembuat hand sanitizer sendiri oleh masyarakat. Sebelumnya, harga cairan H2O2 sempat meroket.

Saat ini, berdasarkan hasil penelusuran di beberapa tempat rupanya harga cairan H2O2 merek OneMed Perhidrol 3% 100 ml di salah satu apotik seperti Apotek K24 Rp8.410 per botol. Kemudian H2O2 50% 1 liter dijual seharga Rp30 ribu per jerigen di situs jual beli online.

Meski dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer atau cairan disinfektan, rupanya meracik hand sanitizer sendiri tidak direkomendasikan oleh para ahli medis. “Ada standarnya dalam membuat hand sanitizer. Ada komposisinya, ada hitungannya, nanti malah berisiko,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, seperti dilansir Detik.

Prof Ari menuturkan, pembuatan hand sanitizer yang memakai bahan-bahan kimia seperti gliserol dan H2O2 justru dapat memicu iritasi. Oleh sebab itu, ia tidak menganjurkan untuk membuat hand sanitizer sendiri. “Tolong masyarakat jangan membuat hand sanitizer sendiri. Kami pun yang membuat di sini itu dari departemen kimia dan departemen farmasi. Jadi, tolong masyarakat harus hat-hati,” bebernya.

Hingga kini, hidrogen peroksida umum digunakan sebagai bahan pemutih untuk bubur kertas dan kertas, bahan pemutih lunak dalam detergen, untuk produksi berbagai peroksida organik, hingga dipakai dalam proses pengolahan air limbah tertentu untuk menghilangkan ketidakmurnian organik.

Oleh sebab itu, penggunaan cairan H2O2 secara sembarangan justru dianggap rentan menimbulkan iritasi. Dibanding menggunakan sanitizer buatan sendiri yang tingkat efektivitasnya masih belum dapat dipastikan, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20-30 detik lebih dianjurkan. Terlebih karena sabun apa saja dapat digunakan untuk membersihkan tangan. Selain itu, selubung (Covid-19) terbuat dari lemak yang kabarnya akan hancur oleh detergen dalam sabun.

Loading...