Padukan Berbagai Buah Segar, Harga Buah Kaleng Del Monte Dijual Puluhan Ribu Rupiah

Buah Kaleng Del Monte - shopee.co.idBuah Kaleng Del Monte - shopee.co.id

Menyantap kalengan memang lebih praktis dibanding harus membeli yang masih utuh dan memotong-motongnya sendiri di . kalengan seperti Del Monte biasanya dikemas secara higienis dengan memadukan beberapa potong buah sekaligus dalam kemasan. Buah kaleng Delmonte cocok untuk dihidangkan sebagai cocktail atau sajian buah lainnya. Harga buang kaleng Del Monte dipatok sekitar puluhan ribu rupiah saja per kaleng.

Misalnya untuk Del Monte Fresh Cut Fruit Cocktail 825 gram dengan harga antara Rp58.500 hingga Rp79.000 per kaleng. Ada pula buah persik Del Monte Fresh Cut Peach Halves 825 gram yang harganya antara Rp52.300 sampai Rp75.000.

Umumnya, buah kalengan tersusun dari berbagai bahan baku, seperti buah asli, air, gula, dan asam sitrat. Namun demikian, Kepala Bidang Auditing Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM MUI), Dr Ir Mulyorini R Hilwan MSi memperingatkan perlu waspada terhadap aspek kehalalan pada bahan-bahan tersebut dengan memerhatikan titik kritis keharamannya.

“Misalnya, dalam hal buah yang digunakan harus buah asli. Buah asli di sini dapat berbentuk buah utuh, maupun buah yang sudah dipotong-potong, dan jenisnya pun macam-macam, di antaranya: pepaya, nenas, labu siam, bengkuang, dan lain-lain. Pada buah asli ini tidak ada titik kritis haram yang perlu dikhawatirkan, karena bahan berasal dari nabati,” katanya seperti dilansir Hidayatullah.

Kandungan berikutnya merupakan air dan gula. Air termasuk daftar bahan yang tidak kritis (masuk positif list). Sedangkan untuk gula, titik kritis haramnya adalah pada bahan-bahan pembantu proses pembuatan gula.

Apabila memakai pemucat gula karbon aktif, maka harus dipastikan sumber bahan karbon aktifnya apakah halal atau tidak. Kemudian untuk pembuatan gula juga kadang memakai bahan penolong resin penukar ion yang perlu dipastikan tidak memakai gelatin dari hewan haram sebagai dispersant agent. Lalu untuk asam sitrat adalah produk microbial yang kerap ditambahkan dalam buah kaleng. Harus dipastikan juga bahwa media dan bahan penolong bukan dari barang haram dan najis.

Loading...