Baru Uji Pasar, Berapa Harga LPG Non Subsidi Bright Gas 3 Kg?

LPG Non Subsidi Bright Gas 3 Kg - finance.detik.comLPG Non Subsidi Bright Gas 3 Kg - finance.detik.com

PT telah melakukan uji produk LPG non-subsidi Bright Gas 3 kilogram (kg) sejak bulan Juli 2018 lalu. Sayangnya, uji coba pemasaran elpiji berwarna pink fuschia ini masih dilakukan di 2 kota besar , yaitu Jakarta dan Surabaya saja. Bright Gas 3 kg memang lebih mahal dibandingkan LPG subsidi hijau yang saat ini banyak tersedia di pasaran.

Selama uji pasar, isi ulang Bright Gas 3 kg dihargai Rp39.000 per tabung di agen LPG non subsidi dan belum termasuk ongkos kirim. Sedangkan untuk isi ulang (refill) Bright Gas 3 kilo di SPBU COCO harganya Rp42.000. Nah, untuk tabung perdana (tabung + isi) Bright Gas 3 kg dijual di agen LPG dengan harga Rp184.000 per tabung dan di SPBU COCO harganya Rp187.000 per tabung.

Saat uji pasar tersebut, Pertamina setidaknya melepas 5.000 tabung LPG baru Bright Gas untuk memenuhi kebutuhan mampu. “Produk Bright Gas 3 Kg ini memberikan alternatif bagi konsumen LPG non subsidi,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito beberapa waktu lalu, seperti dilansir Detik.

Pertamina pun kabarnya memberi kesempatan trade-in atau tukar tambah untuk masyarakat Surabaya dan Jakarta, cukup dengan menukarkan 1 tabung LPG 3 kg dan membayar Rp81.500 di agen LPG non subsidi, maka sudah bisa membawa pulang 1 tabung Bright Gas 3 kg siap pakai. Sedangkan di SPBU biaya tukar tambah cukup membayar Rp84.500.

Vice President Gas Domestic Pertamina Kusnendar menambahkan, Bright Gas 3 kg ini mempunyai isi yang sama dengan LPG 3 kg subsidi. Bedanya, produk dijual dengan harga pasar, mempunyai warna tabung menarik dengan sticker hologram untuk mencegah pemalsuan, serta teknologi katup ganda (Double Spindle Valve System) yang diklaim lebih aman untuk mencegah kebocoran LPG.

Sayangnya sampai sekarang kota-kota lain tampaknya masih belum mendapat jatah Bright Gas 3 kg, hanya beredar Bright Gas yang sudah ada sebelumnya seperti 5,5 kg dan 12 kg. Meski demikian, sudah ada beberapa agen atau pedagang yang menjual Bright Gas 3 kg secara online di e-commerce. Adapun untuk tabung Bright Gas 3 kg kosong (tanpa isi) dijual mulai Rp150 ribu, sedangkan tabung plus isi harganya mulai Rp210 ribu.

Loading...