Bitcoin & Ethereum Melemah dalam Kurun 24 Jam Terakhir, Apa Sebabnya?

Bitcoin dan Ethereum melemahBitcoin dan Ethereum melemah - medium.com

bitcoin hari ini, Minggu (4/8) terpantau terkoreksi cukup dalam sebesar 2,28 persen menjadi 10.581,68 atau sekitar Rp151 jutaan setelah dibuka di posisi 10.828,08. Sepanjang hari ini, BTC telah diperdagangkan di rentang angka 10.573,78 hingga 10.909,26 dengan kapitalisasi yang mencapai USD188,70 miliar.

Menurut Binance Research, cabang penelitian pertukaran crypto terbesar di dunia, mengklaim bahwa Presiden Amerika Serikat telah menyebabkan lonjakan harga bitcoin terbaru. Secara khusus, Binance Research menyarankan bahwa harga bitcoin minggu ini karena meningkatnya perang dagang antara dengan China.

Implikasinya adalah meningkatnya ketidakpastian geopolitik menyebabkan investor mencari perlindungan di aset safe haven seperti emas dan tagihan US Treasury. Aset safe haven diyakini menawarkan perlindungan terhadap penurunan pasar saham. Sayangnya tak ada bukti lain yang mendukung pendapat Binance yang lemah tersebut.

Klaim Binance Research agak sejalan dengan pernyataan CEO-nya, Changpeng Zhao. Pekan lalu, Zhao mengatakan kepada CNBC bahwa kritik Trump terhadap cryptocurrency sangat bullish untuk industri kripto. Zhao mengatakan tweet Trump secara dramatis meningkatkan profil global bitcoin dengan memaksa publik dan media arus utama untuk membahas crypto.

“Trump sejauh ini belum melakukan sesuatu yang positif atau negatif. Dia hanya mengatakan bahwa dia bukan penggemar. Fakta bahwa ia men-tweet tentang hal itu, dan Presiden Amerika Serikat berbicara tentang cryptocurrency, adalah hal yang baik,” tutur Zhao.

Seperti yang dilaporkan CCN, analis crypto Willy Woo mengklaim bahwa penurunan harga bitcoin belakangan ini adalah fase transisi sebelum semuanya mulai memanas lagi. Woo mengatakan penurunan terbaru adalah peletakan fondasi untuk reli yang diperpanjang yang akan berlangsung hingga akhir 2020.

Sementara itu, harga hari ini juga ikut sebesar 2,10 persen menjadi USD217,92 atau sekitar Rp3,1 jutaan setelah mengawali di level USD222,55. Sepanjang hari ini, ETH telah diperdagangkan pada kisaran USD217,57 hingga USD223,56 dengan pangsa pasar USD23,32 miliar.

Loading...