Harga Beras Pandan Wangi 5 Kg Di Ritel Modern Masih Banyak Yang Tak Sesuai HET

Beras - www.alodokter.com

(Kemendag) telah menetapkan aturan eceran tertinggi (HET) untuk sejak 1 September 2017. Harga tersebut berdasarkan zonasi. Misalnya di Jawa, Lampung, Sumatra Selatan, harga beras medium Rp 9.450 per kg, premium Rp 12.800 per kg. Namun demikian, berdasarkan pemantauan di lapangan rupanya masih ada beberapa ritel yang menjual beberapa beras seperti beras pandan wangi 5 kg dengan harga di atas HET.

Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita harga beras harus sesuai HET. Lebih lanjut Enggar mengungkapkan jika beberapa modern telah menerapkan aturan HET. Pihak Kemendag juga telah memanggil Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) supaya dapat segera menerapkan kebijakan baru.

“Di pasar ritel modern sudah ada 2 harga sekarang. Ada yang sudah HET, ada yang masih stok lama. Kemarin sudah dipanggil oleh Bu Dirjen (Perdagangan Dalam Negeri), Aprindo, dan distributor, ok stok lama. Tapi turunkan harganya,” kata Enggartiasto Lukita di Jakarta, seperti dilansir Detik.

Di daerah lain yang bukan sentra penghasil beras seperti Maluku, Papua, NTT, Kalimantan, dan beberapa provinsi di Sumatera memiliki penambahan Rp 500 per kg dari harga HET karena terdapat keringanan terkait ongkos transportasi. Meski demikian, para pedagang di Kota Batam mengaku akan kesulitan mendapat untung jika harga beras hanya dinaikkan Rp 500.

“Di Batam ini kan harga beras lokal harganya sangat mahal, contohnya beras Arum Super dijual Rp 299.000 , beras pandanwangi Rp 290.000 , beras lonceng Rp 270.000 , beras Suci Rp 298.000. Jadi nanti kalau harganya cuma bisa dinaikkan Rp 500 sampai Rp 800, sudah tidak ada untungnya,” papar Adi, salah satu pedagang di Pasar Fanindo.

Di Pasar Fanindo menurutnya pedagang hanya mengambil untung Rp 200 per kilogram. “Itupun sudah dirasakan sangat mahal oleh pembeli, makanya mereka lebih baik beli di supermarket dibanding di pedagang eceran,” ujarnya.

Sebagai , harga beras pandan wangi 5 kg dijual dengan harga bervariasi. Beras Super Pandan Wangi Indomaret 5 kg harganya Rp 74 ribu per sak, FS Beras Pandan Wangi 5 kg Rp 70 ribu, Alfamart Beras Pandan Wangi 5 kg Rp 84.900, cap Ikan Mas Rp 84.200, Topi Koki 5 kg Rp 120 ribu, hingga beras pandan wangi Si Pulen 5kg Rp 156 ribu.

Loading...