Memiliki Warna Merah Layaknya Api, Berapa Harga Batu Hessonite Garnet?

Batu Hessonite Garnet - www.gemrockauctions.comBatu Hessonite Garnet - www.gemrockauctions.com

batu akik yang dapat digunakan sebagai ada beragam. Bagi pecinta akik tentunya sudah tak asing dengan batuan seperti hessonite garnet. Batu yang juga kerap disebut cinnamon stone ini memiliki ciri berwarna merah cenderung oranye atau kuning, mirip dengan zirkon. Harga batu hessonite garnet di berkisar di angka ratusan ribu .

Hessonite garnet oval 1,93 karat misalnya, dengan harga Rp560 ribu di kawasan Jakarta. Sedangkan hessonite garnet 2,07 karat harganya bisa mencapai Rp720 ribu per buah. Batu satu ini akan terlihat seperti memiliki cahaya menyala di dalamnya yang tajam dan bisa terlihat meski pada cahaya .

Hessonite garnet dipercaya sebagai batu yang dapat menarik kekayaan dan kelimpahan serta kegembiraan dan . Selain itu, batu ini konon bisa dipakai untuk mengobati berbagai macam infeksi serta ketakutan psikosis. Meski demikian, kebenaran mengenai hal itu tentunya perlu diuji secara ilmiah.

Seperti diketahui, beberapa tahun silam batu akik memang begitu populer di Indonesia. Namun, sejak tahun 2019 rupanya minat masyarakat di Tanah terhadap batu akik mulai memudar. “Dibanding dulu, sepi. Dulu sehari saya bisa dapat Rp500.000-700.000 per hari,” ujar Pambudi, perajin batu akik di Pasar Rawa Bening, Jakarta, seperti dilansir Antara.

Walaupun sepi, Pambudi bersyukur karena tiap harinya masih menerima garapan dari pelanggan. “Alhamdulillah, tidak pernah sehari ‘blong’ (tanpa order). Sekarang, dapat Rp100.000 sehari sudah bagus,” tutur Pambudi.

Ketika batu akik nge-hits pada 5-6 tahun lalu, hampir tiap hari ia kewalahan melayani order, mulai dari poles hingga membuat batu akik dari bahan yang berbentuk bongkahan. Lantaran sepi, Pambudi pun mengaku terpaksa menurunkan ongkos poles dan pembuatan batu akik dari yang sebelumnya di atas Rp35 ribu per order, kini hanya Rp25 ribu per order.

“Saya pernah megang semua jenis batu, mulai akik sampai batu mulia. Yang paling susah itu batu mulia, seperti safir dan rubi,” aku Pambudi. Pria asal Brebes, Jawa Tengah ini berharap bisnis batu mulia dan akik bisa kembali menggeliat.

Loading...