Berukuran Lebih Besar, Harga Kalkun Potong Lebih Mahal dari Ayam Biasa

Daging kalkunDaging kalkun

Kalkun merupakan jenis binatang unggas yang ukuran tubuhnya lebih besar dari biasa. Meskipun bukan jenis unggas yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, nyatanya peminat kalkun selalu ada saja. kalkun potong pun relatif lebih mahal dari biasa. Namun tentu saja, yang ditawarkan lebih banyak dan memiliki cita rasa yang agak berbeda.

Di pasaran harga ayam kalkun siap potong seberat 4 kg bisa dijual mencapai Rp Rp600 ribuan. Kalkun tersebut dalam kondisi sudah disembelih dan dibersihkan, sehingga tinggal dipotong-potong dan diolah saja menjadi aneka yang lezat.

Menurut Kusworo, salah seorang peternak ayam kalkun di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, bisnis ayam kalkun di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini masih stabil. Pasalnya, ayam jenis kalkun dinilai mempunyai kelompok konsumen tersendiri yang tidak dapat mengganti kalkun dengan jenis ayam lain.

“Sampai saat ini masih stabil, pesanan masih banyak. Kemarin mantan bupati Banjarnegara baru pesan sepasang kalkun, kemudian Pak Kades di sini juga pesan satu ekor,” papar Kusworo, seperti dilansir Cendananews.

Lebih lanjut Kusworo menjelaskan bahwa untuk ayam kalkun juga tak ada masalah, karena kalkun cukup diberi pakan katul dan sisa sayuran segar. Oleh sebab itu harga ayam kalkun pun cenderung stabil. Selain menjual ayam kalkun hidup, Kusworo juga menjual aneka olahan dari ayam kalkun, serta anakan ayam kalkun. “Bisnis ternak ayam kalkun masih cukup menjanjikan, sebab di wilayah Banyumas dan sekitarnya masih belum banyak yang menekuni usaha ternak kalkun,” terang Kusworo.

Ia mengatakan, anakan ayam kalkun yang usianya masih 1 bulan dijual dengan harga sekitar Rp80 ribu per ekor dan anakan yang sudah berwarna harganya bisa melebihi Rp100 ribu per ekor. Menurutnya, perputaran bisnis kalkun terbilang cepat. Peminat ayam kalkun juga sebenarnya sangat banyak, ada yang membeli anakan untuk diternakkan, ada yang membeli kalkun usia dewasa, serta ada juga yang membeli untuk dikonsumsi.

“Yang pesan untuk dikonsumsi cukup banyak, karena daging kalkun yang usianya di bawah 1 tahun, dagingnya empuk dan rendah kolesterol, sehingga bagi yang diet tetap bisa mengonsumsi ayam kalkun dan aman untuk kesehatan,” tandasnya.

Loading...