Diklaim Awet, Berapa Harga Atap Galvalum 6 Meter?

Atap rumah dari Galvalum - www.accsept.org

JAKARTA – Perlahan, material galvalum semakin diminati masyarakat untuk atap hunian lantaran dikatakan lebih awet daripada . Selain itu, material ini juga tahan terhadap serangan rayap dan ampuh melawan perubahan cuaca. Di sendiri, atap galvalum tersedia dalam berbagai , termasuk panjang 6 meter yang ditawarkan dengan harga berkisar ratusan ribu .

Menurut penjelasan Dosen Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi, Paikun, setidaknya ada empat aspek perbandingan atap baja ringan dan kayu yang dapat dijadikan pertimbangan. Aspek pertama adalah harga beli, termasuk ongkos pemasangan. Jika dibandingkan berdasarkan kelas penggunaan, antara atap kayu kelas satu dan baja ringan kelas satu, harganya masih lebih mahal atap kayu.

“Pekerjaan rangka atap baja ringan dengan spesifikasi kanal C 7,5 cm tebal 0,75 mm, biayanya hanya Rp160.000 per meter persegi, sedangkan dengan kayu kelas dua mencapai Rp206.000 per meter persegi,” tutur dia, seperti dilansir Sukabumi Update. “Kedua analisis tersebut sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), tetapi belum termasuk pekerjaan penutup atap atau genteng.”

Aspek kedua adalah kualitas material yang berkaitan dengan umur pakai. Menurut dia, kualitas umur pakai atap baja ringan dapat diketahui dari spesifikasi . Ia mengatakan, kelemahan utama baja ringan adalah karat, sehingga memerlukan spesifikasi tertentu agar tahan lama. “Disarankan memilih material yang bergaransi karat minimal 25 tahun, sehingga bisa awet selama 50 tahun,” sambung Paikun.

“Yang tidak kalah penting adalah aspek dampak lingkungan hidup. Rangka atap menggunakan kayu tidak berdampak untuk , sedangkan untuk atap baja ringan, dapat dilihat dari bahan dasar dan syarat SNI,” tambah Paikun. “Dengan adanya persyaratan yang ditentukan oleh SNI, jika kita memilih baja yang sesuai SNI, maka baja ringan tidak akan berdampak buruk terhadap .”

Nah, apabila Anda tertarik menggunakan galvalum untuk atap hunian Anda, tidak sulit mendapatkan material tersebut. Anda bisa membelinya di berbagai bahan atau bisa lewat situs jual beli online. Untuk atap galvalum SNI dengan panjang 6 m, sekarang dengan harga berkisar Rp264 ribuan dengan ketebalan 0,25 m atau Rp315 ribu sampai Rp375 ribuan untuk ketebalan 0,35 mm.

Loading...