Tersedia Varian Sayuran & Buah-buahan, Harga Asinan Kamboja Dibanderol Terjangkau

Asinan kamboja Haji Mansyur (sumber: travelingyuk.com)Asinan kamboja Haji Mansyur (sumber: travelingyuk.com)

Sajian asinan memang terasa begitu sedap dan segar untuk disantap ketika cuaca sedang panas. Asinan biasanya memadukan beberapa rasa, seperti asam, pedas, dan sedikit asin. Kemudian untuk isiannya berasal dari atau -buahan yang dipotong-dipotong supaya lebih mudah untuk disantap. Di kawasan Ibu Kota misalnya, salah satu asinan yang cukup populer adalah Asinan Kamboja. satu ini dengan harga belasan ribu saja.

Makanan unik tersebut memang dinamai Asinan Kamboja karena letaknya yang berada di Jalan Kamboja, daerah Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Setidaknya ada 2 Asinan Kamboja yang populer di komplek tersebut, yakni Asinan Betawi (Alm) H. Mansyur dan Asinan Kamboja Special Ny. Isye. Keduanya dinilai sama-sama enak dan memiliki ciri masing-masing.

Asinan Betawi H Mansyur disebut-sebut yang paling lama karena sudah ada sekitar 50 tahun silam. Dalam sehari, sederhana tersebut bisa menjual sekitar 500 porsi asinan dengan seharga Rp18.000 untuk asinan sayur dan Rp17.000 untuk asinan buah. Adapun laba bersih dalam sehari diperkirakan mencapai Rp5 juta. Luar biasa sekali bukan?

Asinan Betawi H Mansyur memang mengunggulkan ciri khas Betawi yang kental, yakni rasa asam yang cukup kuat, kerupuk mi kuning, dan kerupuk merah jambu yang menyala. Asinan sayur H Mansyur terdiri dari irisan kol putih, selada, mentimun, tauge, potongan tahu putih yang lembut, dan taburan kacang tanah goreng, lengkap dengan kerupuk pink dan kuning-nya. Aneka sayuran segar itu disiram kuah kacang cokelat tua yang encer dan rasanya asam.

atau -bahan saus kacang Asinan Betawi H Mansyur ini pada dasarnya sederhana, hanya kacang tanah tumbuk, asam cuka, garam, gula, dan cabai. Meski sederhana, komposisi dari masing-masing yang membuat rasa asinan terasa begitu nikmat.

Sedangkan Asinan Spesial Ny Isye hadir dengan nuansa yang sedikit berbeda, yakni adanya irisan halus wortel segar. Harga asinan buah Isye Rp17.500, sedangkan untuk asinan sayur Rp22.000 di Go-Food. Ada juga lain seperti mie salad seharga Rp24.000 dan mie juhi yang harganya Rp27.500.

Perbedaannya, saus kacang asinan Ny Isye berwarna cokelat muda, sedikit lebih kental, dan rasanya buttery, tidak terlalu didominasi rasa asam seperti milik H Mansyur. “Asinan kami memang tak menonjolkan kebetawiannya. Kami, misalnya, tidak pakai kerupuk warna-warni, tetapi pakai kerupuk mi bogor yang terbuat dari sagu dan berwarna alami,” kata Toto Suharto, pemilik dan juga suami dari Isye Rosdiana, seperti dilansir Kompas.

Loading...