Kerap Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam, Harga Arang Sekam 1 Karung Relatif Terjangkau

Arang sekam untuk tanamanArang sekam untuk tanaman - 8villages.com

Sejak kegiatan bercocok atau mengoleksi hias populer, terhadap tanam seperti arang sekam atau sekam bakar pun ikut meningkat. Ya, arang sekam kerap dijadikan bahan utama campuran untuk digunakan sebagai tanam yang gembur bagi aneka tanaman hias hingga tanaman buah. Arang sekam biasanya dijual per karung atau ecer (dalam kemasan repack) dengan yang tak terlalu mahal.

Adapun harga arang sekam 1 karung murni tanpa campuran sebesar 7 kg (kilogram) dijual antara Rp15 ribu sampai Rp25 ribuan di online. Kemudian untuk sekam bakar sekarung dengan berat 10-15 kilo harganya bisa mencapai Rp55 ribu per karung. Harga arang sekam 1 karung yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Sebagai informasi, arang sekam diperoleh dari kulit padi atau gabah yang dibakar melalui proses pembakaran tidak sempurna. Sekam sendiri merupakan bagian kulit terluar dari butiran padi yang dipisahkan ketika proses penggilingan padi. Menurut Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Didi Suhendi, arang sekam banyak dipakai sebagai media tanam , seperti paprika dan tomat, serta pertanian lainnya.

“Cara membuat arang sekam ini harus menggunakan cerobong. Kalau dulu digunakan wajan sebagai media untuk membakar. Tapi, prosesnya sangat lama. Kalau tidak menggunakan cerobong, nanti yang didapat bukannya arang, tapi abu gosok,” kata Didi seperti dilansir Cendananews.

“Arang sekam ini memiliki kemampuan untuk melindungi tanaman dari hama akar. Karena itu, arang sekam biasanya juga digunakan untuk tanaman organik. Arang sekam juga mampu meningkatkan porositas tanah, sehingga tanah tidak hanya menjadi lebih gembur, namun juga mampu menyerap air,” imbuh Didi.

Karena dalam proses pembuatannya telah melalui pembakaran, maka karakteristik arang sekam cenderung steril atau tidak memiliki mikroorganisme patogen yang berpotensi untuk mengganggu pertumbuhan tanaman. Dalam membuat media tanam, ada beberapa komposisi yang bisa digunakan, seperti tanah merah, pasir malang, kompos, sekam mentah atau sekam bakar fermentasi, cocopeat, dan andam. Perbandingan komposisi bisa menyesuaikan selera, namun pastikan bahan dasar tersebut dicampur secara rata.

Loading...