Dikenal Sebagai Sumber Energi Nuklir, Berapa Harga 1 Gram Uranium?

Harga Uranium - www.iaea.orgHarga Uranium - www.iaea.org

Uranium dikenal sebagai salah satu sumber nuklir. Bahkan tiap 1 gram uranium disebut-sebut mampu menghasilkan setara 2 ton batu bara. Sayangnya sumber yang memiliki potensi besar untuk mengatasi krisis dan memiliki jual tinggi itu masih belum diterima secara luas oleh .

Kepala Pusat Reaktor Serbaguna Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang menjabat tahun 2013, Alim Tarigan menjelaskan bahwa sebagian besar masyarakat belum menerima energi nuklir lantaran terjebak kekhawatiran atau berbagai isu negatif terkait nuklir. “Saya sangat berharap masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan isu bahwa nuklir berbahaya,” ujar Alim, seperti dilansir Antara.

“Nuklir tidak berbahaya seperti yang dibayangkan, seperti halnya reaktor nuklir di Jepang, kerusakannya bukan disebabkan oleh keberadaan reaktor nuklir tersebut, namun akibat tsunami,” sambung Alim. Ia melanjutkan, seiring dengan perkembangan dan kemajuan , keamanan penggunaan nuklir juga bisa lebih ditingkatkan.

Indonesia sendiri tahun 2014 lalu dikabarkan memiliki cadangan uranium hingga 70.000 ton yang diprediksi dapat dijadikan sumber energi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Sayangnya potensi itu masih belum boleh dieksploitasi atau digunakan.

“Oleh Undang-undang Mineral dan Batu Bara, cadangan uranium itu tidak boleh dieksploitasi. Kalaupun ada eksploitasi, jarang (rare earth) uraniumnya diambil dan disimpan. Hanya mineral jarangnya saja diambil,” beber Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot Sulistio.

Lantaran belum boleh digunakan, pihak Batan pun kabarnya harus mengimpor uranium untuk keperluannya. Meski demikian, Djarot menjelaskan jika harga uranium tak terlalu mahal. “Harga emas sekarang berapa? Harga uranium hanya 1/100 dari harga emas,” ungkapnya.

Akan tetapi, Djarot menegaskan jika uranium sangat berharga. Dari hanya 21 kg uranium saja kabarnya dapat membangkitkan listrik berkapasitas 1.000 MW. “Apalagi uranium ini bisa dibilang agak terbarukan, karena setelah digunakan sisa pembakarannya masih bisa digunakan lagi,” jelasnya.

Di jual beli online Indonesia sendiri rupanya beberapa waktu lalu sempat ada pedagang yang menjual uranium. Uranium tersebut diklaim hasil temuan dalam hutan dan wujudnya menyerupai bongkahan batu. Harga 1 gram uranium kala itu ia banderol hingga Rp50 juta.

Loading...