Harga 1 Gram Emas Murni 24 Karat Hari Ini Turun Jadi Rp756 Ribu

Ilustrasi: emasIlustrasi: emas

Jakarta mengalami penurunan pada hari Jumat atau Sabtu pagi dan menuju penurunan mingguan terbesar kedua tahun 2019 ini. Turunnya harga tersebut lantaran meredanya kekhawatiran terkait konflik perdagangan antara Amerika Serikat dengan dan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Harga emas di spot mengalami penurunan sebesar 0,7 persen jadi USD 1.483,59 per ounce. Sementara itu, harga emas berjangka turun 0,9 persen ke angka USD 1.488,20 per ounce. “ dan China tampaknya hampir mencapai kesepakatan. Setidaknya, perjanjian parsial soal perdagangan telah dibahas dan itu mengangkat sentimen untuk aset-aset berisiko. Tentu saja, langkah saat ini sangat berdampak negatif kepada aset-aset safe haven sehingga harga emas mengalami tekanan,” ucap Jim Wyckoff, analis senior Kitco Metals, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Para pelaku pasar berharap adanya pembicaraan tingkat tinggi di kedua belah pihak untuk menghasilkan kesepakatan perdagangan parsial. Kedua belah pihak pun setuju untuk mengurangi perselisihan selama 15 bulan dan menunda kenaikan bea masuk.

Hal lain yang juga mendorong harga emas untuk melemah adalah berkaitan dengan kemajuan proses Brexit. “Ada laporan bahwa Inggris dan Uni Eropa mungkin membuat beberapa kemajuan pada Brexit. Itu mengangkat semangat Eropa sehingga semua bekerja melawan pasar emas,” ujar Wyckoff.

Kesepakatan Brexit bisa dirampungkan pada akhir Oktober yang memungkinkan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dengan tertib. Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar mengungkapkan jika pihaknya sudah melakukan pembicaraan yang positif dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Emas sendiri kerap digunakan sebagai aset safe haven di tengah ketidakpastian politik dan ekonomi. Di sisi lain analis mengungkapkan bahwa emas masih tampak bullish secara fundamental dan teknis dalam jangka panjang. “Saya tidak melihat aksi jual besar-besaran dalam emas di balik kesepakatan perdagangan. Ini sebenarnya akan positif dalam jangka panjang,” ucap Fawad Razaqzada, analis pasar Forex.com.

Sementara itu, harga 1 gram emas murni 24 karat PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (12/10), terpantau turun Rp2.000 menjadi Rp756 ribu. Harga pembelian kembali atau buyback emas juga turun Rp2.000 jadi Rp677 ribu . Di Pegadaian harga emas cetakan Pegadaian dijual Rp780 ribu , sedangkan cetakan UBS harganya Rp756 ribu .

Loading...