Gigi Anda Patah Akibat Kecelakaan? Ini Kisaran Biaya Untuk Sambung Gigi Patah

Gigi - www.youthareawesome.com

memang menjadi salah satu aspek yang dapat menunjang penampilan seseorang. yang bersih dan tertata rapi biasanya dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang saat berada di hadapan banyak orang. Lantas bagaimana jadinya jika seorang patah akibat kecelakaan dan -faktor lainnya? Adakah cara atau solusi yang bisa dilakukan untuk menyambung gigi yang patah?

Rupanya gigi depan yang patah separuh biasanya bisa disambung dengan cara ditambal atau menggunakan crown (jaket) gigi. “Gigi patah bisa terjadi karena benturan keras yang dialami oleh gigi. Ada dua patah gigi, yang pertama gigi patah vertikal dan horizontal. Gigi patah bisa kembali seperti semula dengan . Namun harus dilihat lagi kedalaman patahan yang terjadi dari gigi tersebut,” kata Konservasi Gigi RS Siloam Balikpapan, drg Dewa, Md.S, Sp.KG, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut drg. Dewa mengatakan bahwa penanganan gigi yang patah tersebut tidak membutuhkan waktu terlalu lama apabila tak mengenai saluran akar gigi, yakni sekitar 40 menit saja. Namun jika mengenai area saluran akar, maka harus dilakukan Perawatan Saluran Akar (PSA) terlebih dahulu. Menurut tahun lalu, tambal gigi patah berkisar Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan, tergantung jumlah gigi yang patah dan tingkat kesulitannya.

Sedangkan selubung gigi atau crown biasanya dapat dijadikan solusi untuk berbagai kerusakan gigi seperti gigi yang berlubang dan tak bisa ditambal maupun memperbaiki gigi yang patah. Pada kasus gigi patah, dokter akan menggabungkan gigi kembali dengan crown dan bridge. “Untuk menghubungkan gigi dengan gigi yang lain,” ujar drg. Heriandi dari RS Pondok Indah.

Penjaketan gigi juga bisa dipakai untuk keperluan mempercantik gigi, terutama bagi pasien yang ingin memiliki 2 gigi bagian atas depan lebih panjang mirip gigi kelinci. crown gigi ini bervariasi, tergantung dari bahan atau material yang digunakan untuk pembuatan jaket. Sebagai contoh, yang paling murah jenis acrylic biasanya berkisar Rp 750 ribu, bahan metal porselen Rp 1,5 juta, porselen emax Rp 2,5 juta, dan yang paling mahal porselen zirconia bisa mencapai Rp 3 jutaan.

Loading...