Fuel Pump Yamaha V-Ixion Rusak? Harga Produk Ori-nya Rp750 Ribuan

Fuel Pump Yamaha V-Ixion - www.tokopedia.com

Ketika asyik riding atau touring, pengendara V-ixion memang sering lupa pada bensin yang sudah kurang dari setengah. Meski bukan menjadi masalah yang berarti, namun kalau hal ini sering terjadi, fuel pump pun rentan mengalami kerusakan. Jika sudah rusak, maka harus mencari penggantinya yang saat ini dengan Rp750 ribu sampai Rp800 ribuan.

“Kalau keasyikan riding, para pengendara V-ixion memang suka lupa pada indikator bakar yang sudah berkurang dari setengah,” kata Afandi dari bengkel Afmos di kawasan Jakarta. “Kalau bensin di tangki sering kurang dari setengah, media untuk mendinginkan fuel pump menjadi berkurang yang bisa mengakibatkan peranti penyalur bensin dari tangki ini gampang aus.”

Fuel pump yang rusak ini, lanjut Afandi, bisa juga mengakibatkan kerusakan pada bagian sekering. Menurutnya, sekering orisinal Yamaha V-ixion jika terbakar memang tidak akan meleleh dan masih tetap bisa digunakan. “Namun, hal tersebut justru mengakibatkan kerusakan sulit terdeteksi,” tambah Afandi.

Sementara itu, Faisal, mekanik dari Yamaha Dimas Motor di kawasan Depok, menambahkan bahwa salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan pemilik V-ixion adalah sensasi ‘brebet’ yang timbul ketika tuas gas ditarik ke rpm tinggi. Dijelaskannya, problem itu kemungkinan berasal dari fuel pump atau alat pengukur masuknya bahan bakar ke injeksi.

“Fuel pump itu bentuknya kecil dan berguna agar motor irit bahan bakar,” jelas Faisal. “Ketika gas ditarik secara tiba-tiba, terkadang fuel pump tidak bisa menyuplai lebih banyak bensin ke injeksi karena salurannya yang kecil. Nah, hal ini pun mengakibatkan tarikan sepeda motor bakal terasa ‘brebet’.”

Nah, jika kebetulan fuel pump Yamaha V-ixion Anda rusak, Anda bisa mencari penggantinya di dealer resmi Yamaha atau melalui jual beli online. Untuk yang asli, fuel pump Yamaha V-ixion saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp750.000. Namun, ada juga bengkel yang menjual ini dengan harga Rp800 ribuan, tergantung tahun keluaran motor.

Loading...