Fasilitas Komplit, Pantai Ancol Jadi Wisata Favorit Keluarga di Jakarta Utara

Harga tiket Pantai Ancol

Ancol menjadi salah satu objek di kawasan Utara yang akan ramai dikunjungi oleh warga Ibu Kota saat liburan atau akhir pekan. Apalagi karena tempat satu ini tak mengenal adanya jam tutup, alias buka 24 jam setiap hari. Selain masuk Ancol relatif terjangkau, di sana juga tersedia yang cukup lengkap untuk sarana keluarga.

Untuk masuk ke Pantai Ancol, pengunjung dikenai tiket masuk individu dengan harga Rp 25.000 per orang, masuk mobil Rp 25.000, motor Rp 15.000, dan bus Rp 45.000. Sedangkan tiket masuk Segaraga pada Sabtu-Minggu (tidak termasuk hari libur nasional) jam 05.00-08.00 WIB hanya dikenai Rp 15.000 per orang.

Pantai yang memiliki panjang sekitar 500 meter ini memiliki karakteristik pemandangan laut lepas dan bisa menjadi sarana memancing bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Pantai Ancol juga dilindungi oleh tanggul dan memiliki fasilitas jogging track yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk olahraga atau sekadar berjalan-jalan santai. Tak hanya itu, Pantai Ancol juga memiliki fasilitas berupa restoran dengan menu masakan laut alias seafood dan juga cafe.

Di kawasan Ancol juga ada beberapa objek wisata seperti Pantai Ria yang terkenal dengan sebuah replika kapal pecah yang berukuran besar, kemudian ada Pantai Bende yang terkenal dengan Dermaga Cinta-nya yang dihubungkan dengan jembatan kayu yang panjang, Pantai Beach Pool yang kerap dipakai untuk berenang dan bermain air laut, hingga Trans Bende yang memungkinkan pengunjung untuk mengelilingi pantai dengan menaiki kereta cukup dengan membayar Rp 10.000 saja.

Sebelumnya sempat ada wacana yang mengisyaratkan bahwa untuk masuk ke Pantai Ancol tak akan dikenai biaya alias . Usulan tersebut disampaikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dan tadinya akan diujicoba diterapkan mulai tanggal 14 Oktober 2014 lalu. Namun pihak direksi Ancol sendiri menilai bahwa penggratisan tiket masuk Pantai Ancol tidak realistis.

“(Tarif parkir progresif) tetap tidak mungkin untuk meng-cover cost-nya Ancol,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana, seperti dilansir Republika.

Meski demikian, hingga kini pihak pengelola Pantai Ancol masih mengkaji lebih lanjut terkait wacana Pantai Ancol akan digratiskan. Oleh sebab itu, pihak pengelola masih belum bisa memastikan kapan rencana itu mulai diterapkan. “Kita mau menginformasikan bahwa saat ini kami sedang mengkaji aspek-aspek yang nanti berdampak jika memang nanti Ancol digratiskan. Jadi memang kajian itu belum siap sampai saat ini,” ujar Corporate Communications Manager PT Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari.

Loading...